Sariawan tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa saja lho, tetapi juga bisa dialami oleh anak-anak. Ya, sariawan adalah kondisi dimana terjadi peradangan pada bagian rongga mulut seperti pipi, gusi, lidah, bibir, atap langit dan juga lantai mulut.  Walaupun terdengar sepele, namun sariawan pada anak bisa membuatnya kehilangan berat badan lho karena umumnya anak akan enggan makan saat sariawan akibat rasa perih saat bersentuhan dengan sariawan.
 
Nah, untuk mengantisipasi masalah tersebut ada beberapa hal yang dapat lakukan. Tak perlu khawatir karena cara mengatasi sariawan berikut dilakukan secara alami sehingga tidak mengganggu kesehatan anak, bagaimana caranya? Yuk, simak di bawah ini:

1. Kompres dengan Es Batu
Mengompres sariawan dengan es batu. Apakah berpengaruh? Ya, rasa dingin ternyata mampu membuat sariawan menjadi mati rasa dan sariawan pun akan menghilang cara perlahan.

source: http://www.wowmenariknya.com


2. Hindari Makanan Panas
Rasa perih saat sariawan menjadi salah satu alasan yang membuat anak tidak mau makan terlebih jika tersentuh dengan makanan yang panas dan juga asam. Oleh karena itu, berikanlah makanan yang bersuhu dingin dan juga bertekstur lembut. Ya, walaupun memberikan makanan bersuhu dingin kepada anak membuat ibu tidak nyaman, namun itu lebih baik dibanding anak tidak makan sama sekali.

source: https://www.amazon.com
baca juga

3. Kumur dengan Air Garam
Buatlah larutan air dengan garam, setelah itu suruhlah anak untuk kumur-kumur dengan larutan tersebut atau jika takut larutan tertelan oleh anak, ibu bisa mencelupkan kapas pada larutan dan tempelkan ke sariawan dengan lembut. Lakukanlah secara rutin 3-4 kali sehari.
source: http://anibee.tv

4. Menjaga Kesehatan Mulut Anak
Salah satu cara mengatasi sariawan pada anak yaitu dengan menjaga kebersihan mulutnya seperti menggunakan sikat gigi khusus anak serta pastikan anak selalu menyikat giginya dua kali sehari untuk menghilangkan sisa makanan yang menjadi pemicu sariawan.
source: https://id.theasianparent.com


Umumnya, sariawan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 7-21 hari, namun rasa perihnya bisa berlangsung hingga satu setengah minggu. Kamu tentu mengetahui bagaimana tidak enaknya jika sariawan, ya hal itu juga sama dialami oleh anak. Oleh karena itu, segera tangani sariawan pada anak dengan melakukan beberapa cara seperti di atas. Semoga membantu!