Jangan Menyuruhnya Minum

source: https://mommyasia.id/

Hal yang harus Moms hindari ialah jangan menyuruh si kecil minum saat tersedak, tindakan ini justru akan membuat benda asing yang masuk akan semakin terdorong ke dalam yang membuat si kecil akan semakin sesak.

Menepuk Punggung Perlahan

source: http://nakita.id/

Pertolongan pertama ini biasanya yang umum dilakukan saat si kecil tersedak, pastikan Moms menepuk punggungnya dengan menempatkan si kecil di antara tulang belikat kurang lebih lima kali tepukkan agar benda yang tersendat cepat keluar.

baca juga

Jangan Menggendong

source: http://www.permatacintaku.com/

Mengangkat bahkan menggendong si kecil justru bisa membuat benda asing masuk ke saluran paru-paru, maka dari itu Moms harus menghindari untuk menggendong si kecil.

Baringkan si kecil di paha

source: http://tipssehat-tiaphari.blogspot.com/

Hadapkan si kecil ke bawah dan baringkan si kecil dengan posisi kepala lebih rendah dari tubuh. Topang bagian kepala, tulang pipi dengan jari, dan rahang.

Jika sudah melakukan tindakan di atas tapi si kecil masih kesulitan bernapas, bahkan napasnya kencang tak beraturan, segera lakukan manuver Heimlich. Manuver ini merupakan cara untuk mengeluarkan benda asing yang menyumbat tanpa menggunakan alat bantu apapun. Simak baik-baik ya, Moms.

baca juga

1. Tindakan untuk bayi di bawah satu tahun

source: http://tribunnews.com/
  • Jika si kecil berusia di bawah enam bulan, tepuk punggungnya tepat di antara dua tulang belikat, secara perlahan tapi tegas kurang lebih sebanyak lima kali, dengan posisi tengkurap di atas lengan orang dewasa.
  • Jika si kecil berusia di atas enam bulan, tepuk punggungnya tepat di antara dua tulang belikat, secara perlahan tapi tepat kurang lebih sebanyak lima kali dengan posisi mendudukkan bayi di paha orang dewasa dengan posisi agak membungkuk.

Nah, jika cara tersebut tidak berhasil, Moms bisa mengarahkan si kecil dengan posisi terlentang dan kepala lebih rendah dari badan, lalu letakkan dua jari di bawah puting, tekan ke atas sebanyak lima kali, tindakan ini dilakukan agar udara terdorong ke paru-paru hingga ke atas.

2. Tindakan untuk bayi di atas satu tahun

source: https://klikdokter.com/

Peluk anak dari belakang dengan menempatkan ujung jempol di area bagian bawah tepatnya bagian iga terbawah atau diafragma, selanjutnya sentakkan ke atas, terus lakukan sentakkan ini hingga benda yang tersendat keluar.

Tak perlu panik dulu ya jika si kecil tersedak, alangkah lebih baiknya melakukan tindakan di atas agar benda atau makanan yang tersendat segera keluar. Segera hubungi dokter jika Moms tak berhasil mengeluarkannya.