1. Mual

Pada minggu-minggu pertama bagi Moms yang baru mulai mengonsumsi atau memakai pil KB biasanya akan merasa mual. Nah, mual tersebut menjadi efek samping yang agak ringan tapi juga bisa menjadi lebih berat jika Moms beraktivitas di luar misalnya bekerja. Untuk mengatasi mual sebaiknya pil KB diminum setelah makan sebelum tidur malam untuk menghindari mual di pagi hari. 

source: https://www.captainmums.de

2. Payudara Terasa Nyeri

Jangan kaget jika Moms tiba-tiba merasakan nyeri pada payudara setelah mengonsumsi atau menggunakan pil KB. Efek nyeri pada payudara ini terjadi pada minggu-minggu pertama setelah mengonsumsi pil dan akan menghilang setelahnya. Namun Moms tak perlu khawatir karena untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mengurangi makanan atau minuman yang mengandung kafein dan gula. Selain itu ada baiknya menggunakan bra dengan ukuran yang tepat dan bahan yang nyaman untuk mengurangi rasa nyeri. 


 

source: https://nownews.com
baca juga

3. Keluar Darah di Luar Masa Haid 

Efek samping penggunaan pil KB selanjutnya adalah terjadinya pendarahan ringan seperti haid, namun di luar masa haid. Kondisi ini biasanya terjadi setelah konsumsi pil KB selama 1 atau 3 minggu pertama. Namun jika Moms mengalami pendarahan lebih dari satu minggu, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli. 

source: https://www.freepik.com

4. Keputihan

Keputihan merupaka gangguan ringan pada organ intim wanita yang tak selalu berbahaya namun menggangu aktivitas dan membuat tidak nyaman. Efek dari pil KB ini juga bisa menyebabkan wanita menjadi keputihan dan juga mempengaruhi gairah seksual. Selain itu beberapa wanita mengalamu perubahan kadar PH dan kadar kelembaban organ genital akibat efek samping pil KB. Nah, perubahan kelembaban ini bisa disebabkan oleh kenaikan androgen atau kenaikan estrogen

source: https://www.freepik.com