Saat bayi batuk atau flu tentu saja membuat para orangtua khawatir terlebih jika batuknya berdahak. Selain dapat membuat bayi lebih rewel karena merasa tidak nyaman di tenggorokannya, juga akan menganggu kesehatannya terutama saat makan.

Nah, biasanya dokter akan melakukan uap untuk mengencerkan lendir pada saluran pernapasan bayi, efeknya akan membuat bayi muntah. Namun, ibu tak perlu khawatir karena muntah itu berupa lendir yang telah diencerkan melalui metode uap tadi. Selain itu, terapi tersebut terbilang aman dilakukan mulai dari bayi hingga ibu hamil.
 

source: https://farla.ru


Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari terapi uap yang perlu ibu ketahui seperti:

1. Mengencerkan Dahak
Bagi orang dewasa, dahak mungkin dapat dikeluarkan sendiri. Namun, berbeda dengan bayi yang belum bisa mengeluarkan dahak sendiri dan biasanya terlalu kental. Hal itulah yang membuat bayi memerlukan bantuan untuk mengeluarkan dahak, salah satunya adalah dengan menggunakan terapi uap yang memang berkhasiat untuk mengencerkan dahak pada bayi sehingga lebih cepat hilang. Selain itu, juga akan membuat bayi tidak terasa sakit saat mengeluarkan dahak.

source: http://i0.wp.com
baca juga


2. Mengobati Flu
Saat flu, umumnya akan membuat bayi menjadi lebih rewel. Jika terus dibiarkan akan menyakiti bayi dan bahkan mengganggu pernapasannya. Nah, agar flu cepat hilang banyak ibu yang mengobatinya dengan melakukan terapi uap sendiri di rumah. Ya, cara tersebut terbilang lebih aman dibanding mengobatinya dengan menggunakan obat. Tak heran, jika saat ini sudah banyak para ibu yang beralih menggunakan terapi uap untuk mengobati flu pada Si Kecil.

source: http://www.bristol.ac.uk


3. Mengatasi Gejala Asma
Penyakit asmi terbilang berbahaya. Jadi sebelum terlambat, sebaiknya para orangtua melakukan cara mengatasinya, salah satunya yaitu dengan menggnakan terapi uap. Ya, terapi uap pada bayi memang terbukti mampu meredakan masalah pada pernapasan seperti asma salah satunya.

source: https://assets.babycenter.com
baca juga


4. Mencegah Sinusitis
Tak hanya orang dewasa, bayi pun bisa mengalami sinusitis. Nah, jika bayi pun mengalami sinusitis jangan terburu-buru membawanya ke dokter. Ibu bisa melakukan terapi uap untuk membantu menyembuhkan gejala sinusitis pada bayi. Pasalnya, kandungan zat pada terapi uap dapat membantu meredakan pernapasan bayi.

source: http://www.mjakmama24.pl


5. Mengatasi Radang
Radang dapat menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Kondisi tersebut seringkali membuat bayi menjadi lebih rewel akibat rasa panas dan tak nyaman di tenggorokan. Cara salah satu untuk mengobati radang pada bayi, ibu bisa menggunakan terapi uap.

source: http://www.akuhamil.com