Bercak Darah?
Keduanya dapat menjadi tanda menstruasi maupun tanda kehamilan. Perbedaannya ada pada volume, warna, waktu, serta adanya kram berkepanjangan.
  • Volume – Pada awal menstruasi, akan muncul bercak darah ringan, namun lama kelamaan semakin deras atau banyak disertai dengan gumpalan darah. Sementara bercak darah yang disebabkan kehamilan hanya sedikit seperti tetesan, dan tidak akan bertambah banyak hingga pendarahan selesai.
  • Warna  Darah menstruasi berwarna merah darah menyala, sementara bercak darah ciri hamil umumnya berwarna merah muda hingga cokelat. 
  • Waktu – Ketika menstruasi, darah akan mengalir terus menerus hingga masa menstruasi berakhir. Pendarahan tanda kehamilan kadang muncul kadang hilang dalam 1-2 hari. Selain itu, pendarahan tanda kehamilan akan tiba lebih awal dibanding siklus menstruasi berikutnya.
  • Kram  Menstruasi dan pendarahan di awal kehamilan bisa menyebabkan kram perut, namun kram perut saat menstruasi akan terasa lebih intens dan berlangsung cukup lama. Kram perut di saat awal kehamilan tergolong lebih ringan.
source: http://www.womansday.com



Nyeri Payudara


Payudara yang membengkak dan terasa nyeri adalah tanda pre-menstrual syndrome dan akan berhenti pada masa menstruasi. Apabila nyeri payudara berlangsung lama, maka itu adalah tanda kehamilan. Saat hamil, payudara mungkin terasa sakit, sensitif, atau keras kalau disentuh.
 

source: http://www.thehealthsite.com
baca juga



Selera Makan


Saat pre-menstrual syndrome atau PMS datang, mungkin kamu jadi lebih cepat lapar, serta cenderung ingin mengkonsumsi makanan manis seperti cokelat dan es krim atatu makanan asin seperti keripik dan gorengan. Kalau ngidam pertanda kehamilan akan ditandai dengan keinginan untuk mengkonsumsi hidangan yang tidak biasa kamu makan, atau kombinasi makanan yang aneh nan unik. Selain itu, kamu juga bisa kehilangan selera atas makanan atau minuman yang biasanya kamu konsumsi.
 

source: https://alphamom.com



Mual atau Muntah


Disebut juga morning sickness, perasaan mual atau muntah adalah salah satu tanda kehamilan yang paling klasik, pertanda jelas bahwa kamu sedang hamil. Sementara PMS maupun menstruasi tak akan menyebabkan rasa mual atau muntah.
 

source: https://www.rockthebabybump.com
baca juga



Sakit Punggung


Rasa sakit pada bagian punggung bawah mendekati periode menstruasi adalah salah satu gejala PMS. Pada ibu hamil, sakit punggung dapat muncul di trimester kedua hingga ketiga, ketika pertumbuhan janin menyebabkan pertambahan berat.
 

source: https://theperiodvitamin.com



Terlambat Menstruasi


Terlambat menstruasi dapat menjadi salah satu tanda kehamilan, apalagi kalau siklus menstruasi normal dan selalu tepat waktu. Akan tetapi, pada perempuan dengan siklus menstruasi yang cenderung nggak teratur, terlambat menstruasi belum tentu tanda kehamilan.

Perlu diingat, ada beragam faktor yang dapat menyebabkan terlambat menstruasi, dan kehamilan hanya salah satu diantaranya. Selain itu, tingkat stres, perubahan pola makan, perubahan aktivitas fisik, dan faktor lain-lain dapat membuat siklus menstruasi mundur atau bahkan terlewat sama sekali. Amati tanda-tanda lainnya untuk membantu menyimpulkan apakah terlambat menstruasi disebabkan oleh kehamilan.
 

source: http://www.empowher.com