Easy Pose (Sukhasana)

Pose pertama yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah Sukhasana. Pose ini berfokus pada proses opening hip dan mengatur pernafasan. Untuk bunda yang baru memulai yoga, cobalah untuk beradaptasi dengan melakukan gerakan ini. Pose ini memang terlihat mudah, namun banyak yang perlu diperhatikan seperti tulang punggung dan bahu yang harus lurus. 

source: https://hellosehat.com
Posisi ini melatih otot panggul lebih terbuka, tulang punggung (spine) memanjang, membuka area dada, dan bila disertai latihan pernapasan akan meningkatkan fokus, keseimbangan, ketenangan diri yang baik untuk menghilangkan rasa lelah dan rasa cemas atau khawatir yang sering dirasakan saat kehamilan dan jelang proses kelahiran bayi.
source: https://hellosehat.com


 

baca juga

Child Pose (Balasana)

Pose yang satu ini cenderung nyaman untuk dilakukan. Biasanya child pose dilakukan saat relaksasi atau peregangan otot-otot yang kaku. Pose ini juga sangat bagus untuk memposisikan bayi agar segera berputar menjelang persalinan.
source: https://hellosehat.com
Posisi ini baik untuk membuka area panggul dan paha dalam dan meregangkan tulang kelangkang (sacrum). Melatih posisi ini bisa membantu Anda melepaskan rasa tegang atau stress dan membantu menenangkan pikiran serta meningkatkan rasa tenang dan kesiapan jelang kelahiran bayi Anda. Saat Anda melatih posisi ini, minta pasangan Anda membantu memijat area punggung dan pinggang untuk membantu relaksasi tubuh secara keseluruhan.
source: https://hellosehat.com


 

Butterfly Pose (Baddha Konasana)

Pose yang satu ini bermanfaat untuk relaksasi bagian punggung serta melatih pernafasan. Kamu dapat melakukannya setiap bangun tidur karena biasanya ibu hamil akan merasa pegal dan kaku saat setelah bangun tidur.

source: https://hellosehat.com
Posisi ini baik untuk membuka area panggul dan paha dalam, meningkatkan asupan oksigen pada plasenta, membantu mengarahkan bayi Anda untuk turun menuju area pelvis mempersiapkan Anda dan bayi untuk proses kelahiran, membantu relaksasi seluruh bagian tubuh, dan membantu proses pembukaan bila dilakukan saat kontraksi terjadi.
source: https://hellosehat.com


 

baca juga

Wide Angle Seated Forward Bend (Upavistha Konasana)

Pose yang satu ini sangat cocok untuk meredakan rasa sakit pada pinggang kamu. Saat memasuki kehamilan di trimester ketiga, ukuran kandungan sudah tidak lagi kecil. Seringkali ibu hamil merasa pegal dan kram pada bagian punggung. Lakukan pose ini untuk meregangkan kaku pada tulang punggung dan pinggangmu.

source: https://hellosehat.com
Posisi ini sangat baik untuk membuka panggul dan tulang kelangkang (sacrum), menghilangkan rasa tegang pada tulang punggung, pinggang bawah, dan paha dalam. Di saat yang sama, posisi ini juga membantu meningkatkan asupan oksigen pada plasenta.
source: https://hellosehat.com


 

Cresent Lunge (Anjeneyasana)

Nah, untuk kamu para bunda yang menyukai gerakan-gerakan powerful dan menantang, kamu dapat mencoba pose yang satu ini. Selain itu, pose yang satu ini sangat cocok untuk para ibu hamil yang ingin lebih fit serta melatih keseimbangan lebih baik.

source: https://hellosehat.com
Posisi ini baik untuk membuka panggul dan mempersiapkan panggul untuk kelahiran bayi, membantu mengarahkan bayi ke area pelvis Anda, memberikan ruang pada bayi Anda untuk melakukan posisi rotasi internal, dan membantu pembukaan bila dilakukan saat kontraksi terjadi.
source: https://hellosehat.com


 

Half Pigeon Pose (Ardha Kapotasana)

Pose yang satu ini sangat bermanfaat dalam meregangkan otot-otot punggung, pinggang, serta kaki. Sangat cocok untuk para ibu hamil yang ingin melancarkan peredaran darah para bagian kaki. 

source: https://hellosehat.com
Selain bermanfaat untuk mengurangi atau menghilangkan nyeri akibat sciatica seperti yang saya jelaskan sebelumnya, posisi ini baik untuk membuka panggul, dan mempersiapkan panggul untuk kelahiran bayi Anda. Posisi ini juga membantu mengarahkan bayi ke area pelvis Anda, memberikan ruang pada bayi Anda untuk melakukan posisi rotasi internal, dan membantu pembukaan bila dilakukan saat kontraksi terjadi.
source: https://hellosehat.com


 

Squat Pose (Malasana)

Posisi jongkok ini sangat bermanfaat untuk membuka panggul sehingga akan membuat persalinan lebih mudah dan lancar. Posisi ini juga sering dijadikan opsi untuk posisi melahirkan jika diijinkan oleh dokter. 

source: https://hellosehat.com
Sangat bermanfaat mengurangi atau menghilangkan ketegangan pada tulang punggung, bahu, dan leher, meningkatkan asupan oksigen pada plasenta, membuka area panggul dan tulang kelangkang (sacrum), mengurangi sakit pinggang, membantu mengurangi rasa lelah, membantu pembukaan bila dilakukan saat kontraksi
source: https://hellosehat.com


 

Happy Baby Pose (Ananda Balasana)

Terakhir, kamu dapat mencoba happy baby pose. Posisi ini sangat cocok untuk para ibu hamil yang ingin melakukan relaksasi pada bagian punggung dan pinggang. Untuk lebih amannya, pastikan bunda mengganjal bagian pinggang dengan bantal, ya!

source: https://hellosehat.com
Posisi ini bisa menghilangkan rasa mual atau pusing akibat hormon semasa kehamilan saat Anda berbaring dengan kepala Anda menyentuh matras/lantai, membantu meregangkan otot panggul dan menghilangkan kram di area uterus, dan membuat Anda lebih rileks karena Anda meregangkan seluruh bagian tubuh Anda secara nyaman.
source: https://hellosehat.com


Nah, itulah beberapa pose yoga yang dapat dilakukan oleh para ibu hamil. Manfaat yoga dalam melatih kekuatan dan pernafasan akan sangat bermanfaat untuk melancarkan proses persalinan. Jadi, jangan ragu untuk beryoga ya, bunda!