Mendengarkan Saat Mereka Bercerita

Bukan hal yang aneh apabila anak perempuan suka bercerita. Mereka memang ditakdirkan untuk mengeluarkan kata-kata lebih banyak dibandingkan laki-laki sepanjang hidup. Anak perempuan suka menceritakan hal apa saja meski menurut kita remeh sekalipun. Mempersiapkan waktu dan tenaga untuk mendengarkan cerita mereka tentang petualangan peri, rok baru yang cantik maupun kucing kecil yang malang adalah ide yang sangat baik agar hubungan ayah dan anak semakin erat. Perhatian ayah ini kelak akan menjadi salah satu yang membuat mereka tidak mencari perhatian dari orang lain yang mereka temui di luar sana. Karena bagi mereka, Ayah adalah manusia luar biasa yang sanggup menjadi pendengar setia. 
Mendengarkan Saat Mereka Bercerita
source: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQlhkZNiUxeda59YT_JWsfUTs2jEh7d_5uqr2UbhoLam6Xj-dYhg10sbQ9B1g

Mengajarkan Hal-hal Baru

Ibu mungkin banyak mengenalkan ketrampilan atau hal baru kepada anak-anak perempuan. Tapi Ibu memiliki beberapa keterbatasan karena beberapa alasan. Jika Ayah yang mengajarkan sesuatu, tentu ini lebih mengasyikan bagi seorang anak terutama anak perempuan. Ayah bisa mulai mengajarkan mereka mengendarai sepeda, berenang, berkebun dan ketrampilan hidup lain yang anak-anak bisa lakukan sesuai usia. Meski awalnya ragu melakukan hal baru, anak perempuan akan lebih yakin jika ada Ayah yang akan melindunginya.

Nah Ayah, jadi tidak hanya bisa dekat dengan mereka ya jika Ayah menghabiskan waktu dengan cara ini. Anak juga bisa dibekali dengan ketrampilan hidup yang akan mereka pakai sampai mereka dewasa nanti.

Mengajarkan Hal-hal Baru
source: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSfzb-ThxLqk5xSdGgjnpkajhfReHT3U9IAjR1cXs7yxlJqnc_sSAxc6BMW
baca juga

Menyisir Rambut Mereka

Meski awalnya menyisir adalah sesuatu yang tidak biasa bagi ayah, tapi lama-kelamaan ayah akan mudah melakukanya. Anak perempuan menyukai penampilan yang rapi dan cantik. Tentu akan sangat menyenangkan jika Ayah mau berpartisipasi untuk membuat penampilanya lebih menarik. Selain itu, waktu menyisir rambut bisa menjadi waktu yang berkualitas untuk ayah dan anak. Ayah bisa menceritakan atau memberikan nasehat sembari menyisir rambut mereka. 

Menyisir Rambut Mereka
source: https://lh4.googleusercontent.com/proxy/uaTgRzO1rwMgO-Oc_vvMq3b8m_MKdlsfDK1urierNp17u9dPAbl54EBMEhgwzwORS4GXY86ulpaw0tis_KLMmQDzGX5on0LyeMFoSw89SdSBLhvVcMro8rlZ9HU0zTEW9BWeUw=w443-h332-nc

Membuatkan Mainan

Membeli mainan mungkin hal mudah bagi sebagian besar Ayah. Bisa jadi, mainan menjadi jalan pintas agar anak tau bahwa Ayah mencintai mereka. Tapi, jika Ayah bersedia membuatkan mainan khusus untuknya, tentu si kecil akan merasa lebih bahagia. Ayah bisa mengajak anak membuat mainan sesuau keinginan anak. Setelah itu, jangan lupa menemaninya bermain ya Yah! Hal-hal seperti ini tentu akan menjadi kenangan manis bagi mereka dan bukti kuat bahwa Ayah sangat mencintai mereka. 

Membuatkan Mainan
source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR4kGLVoxsSXlo8-rFLtFZpvGgpwS9v4k1Jik_ETRleG3eqHv6KNirRX8DM

Itulah beberapa ide untuk mempererat hubungan ayah dan anak perempuan. Bagaimanapun, peran ayah dalam tumbuh kembang anak sama pentingnya dengan peran ibu, jadi, usahakan agar selalu ada bagi anak-anak ya Dads.