Membuat Tubuh Lebih Sehat, Kuat, dan Aktif

Saat hamil, seseorang akan mengalami perubahan pada tubuh yang nantinya berpengaruh pada stamina dan daya tahan tubuhnya. Nah, untuk membuat tubuh tetap sehat, kuat dan aktif, Bunda dapat mencoba melakukan olahraga ringan seperti Prenatal Yoga.
 
http://www.thanksdokter.com/kehamilan/senam/saat-hamil-lakukanlah-senam-hamil-di-rumah/
source: http://www.thanksdokter.com/wp-content/uploads/2015/06/article_908_1418149981574_2.jpg

Melatih Pernafasan

Salah satu kunci latihan yoga saat hamil adalah pada pernafasan. Melatih pernapasan sangatlah penting bagi para ibu hamil. Selain untuk dapat memperlancar peredaran darah, berlatih nafas dalam dan panjang akan sangat bermanfaat untuk melancarkan proses persalinan. 

http://lifestyle.okezone.com/read/2016/05/22/481/1394893/ini-manfaat-yoga-bagi-ibu-hamil
source: https://img.okezone.com
baca juga

Melatih Keseimbangan Tubuh dan Peregangan Otot

Perubahan postur dan ukuran badan dapat menimbulkan beragam tantangan baru untuk para ibu hamil, salah satunya adalah sering kehilangan keseimbangan tubuh. Selain itu, postur tubuh juga dapat terganggu dengan adanya beban kandungan, khususnya saat memasuki trimester ketiga. Untuk mengatasinya, prenatal yoga dapat membantu Bunda dalam melatih keseimbangan tubuh dan meregangkan otot-otot yang kaku sehingga dapat mengatasi sakit pinggang.
 

http://sukalive.com/blog/2017/03/5-olahraga-yang-aman-untuk-ibu-hamil/
source: http://sukalive.com/blog/wp-content/uploads/2017/03/olahraga-ibu-hamil.jpg

Mempersiapkan Area Panggul Untuk Proses Persalinan

Kunci lancarnya proses persalinan adalah dengan melatih area panggul agar tidak kaku. Salah satu cara untuk melatihnya adalah dengan melakukan pose-pose prenatal yoga yang bermanfaat untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area panggul agar lebih lentur dan fleksibel untuk proses persalinan.
 

https://www.tokopedia.com/blog/8-gerakan-senam-ibu-hamil-untuk-memperlancar-persalinan/
source: https://ecs7.tokopedia.net/blog-tokopedia-com/uploads/2016/05/senam-hamil-jongkok.jpg

Beberapa pose seperti squat atau jongkok akan secara rutin dilatih berulang kali agar dapat membuka area pinggul dan pelvis.

baca juga

Mendekatkan Diri Dengan Bayi Dalam Kandungan

Saat berlatih yoga, Bunda harus terus berkonsentrasi dan fokus. Hal ini dapat meningkatkan daya komunikasi antara ibu dan bayi dalam kandungan. Berlatih yoga perlu dilakukan dengan menjaga hubungan batin dengan bayi sehingga manfaatnya dapat juga dirasakan langsung pada bayi.
source: https://www.mnn.com/family/babies-pregnancy/blogs/babies-in-the-womb-respond-to-their-mothers-touch

Bersosialisasi Dengan Para Ibu Hamil Lain

Berlatih Prenatal Yoga akan sangat bermanfaat, khususnya untuk menambah relasi dengan para calon ibu lainnya. Kamu dapat bertukar informasi mengenai kehamilan dan persalinan. Selain itu, kehamilan akan terasa lebih menyenangkan jika kamu tidak merasa sendiri dalam melaluinya. 
 

https://silvafauziah.com/tag/yoga-ibu-hamil/
source: http://www.minimoments.co.uk

Nah, itulah manfaat yang akan dirasakan oleh para Bunda jika mengikuti program prenatal yoga saat masa kehamilan. Untuk lebih amannya, olahraga dapat mulai dilakukan saat Bunda memasuki periode kehamilan trimester kedua saat kandungan sudah mulai kuat.