Balita (2-3 tahun)

Pilihan Aktivitas Sesuai Usia Si Kecil Ini Baik untuk Perkembangan Anak Lho, Moms!
source: http://rumahinspirasi.com/

Sedang lincah-lincahnya ya Moms si kecil di usia ini. Meskipun terkadang melelahkan tapi jangan batasi kemampuannya untuk tetap aktif ya Moms, soalnya di usia ini kita harus memberikan dukungan untuk anak menguasai pergerakan dasar, seperti berjalan, berlari, berguling, berayun, hingga berenang, kita hanya cukup memperhatikan dan mendukungnya. Permainan atau aktivitas yang diawasi dan tidak terstruktur ini justru dapat membuat anak mengeksplor lingkungan dengan aman.

Prasekolah (4 – 6 tahun)

Pilihan Aktivitas Sesuai Usia Si Kecil Ini Baik untuk Perkembangan Anak Lho, Moms!
source: http://sproutsdevelopment.com/

Di usia ini keterampilan motorik anak lebih baik, si kecil sudah dapat berjalan lebih jauh, berlari, menari, lompat tali dan bermain bola dengan ketrampilan motorik yang lebih baik. Awasi waktu bermain dan mulai kenalkan beberapa struktur dengan permainan seperti kejar-kejaran atau engklek. Melelahkan memang Moms tapi aktivitas ini mendidik anak untuk mengembangkan motoriknya.

baca juga

Sekolah Dasar (7-9 tahun)

Pilihan Aktivitas Sesuai Usia Si Kecil Ini Baik untuk Perkembangan Anak Lho, Moms!
source: http://sidomi.com/

Di usia ini si kecil sudah bisa menggabungkan visual tracking dan keseimbangan atau lebih tepatnya melakukan pola pergerakan yang lebih rumit. Nah, di usia ini Moms sudah bisa mengarahkan atau memberi kesempatan si kecil untuk memilih jenis olahraga yang ia sukai, pastikan olahraga yang dipilih membuatnya berpartisipasi dalam tim ya Moms. Tetap lakukan pengawasan, tapi pengawasan ini harus bersifat bentuk dukungan penuh agar Ia bisa mengembangkan bakatnya. Moms bisa mengekspresikan bentuk dukungan dengan memberikan evaluasi setelah ia bermain. Kita juga akan menyadari saat si kecil merasa bosan dan saat inilah kita perlu memberikannya tantangan, biasanya tanpa diminta pun si kecil biasanya akan menyampaikan apa yang ingin Ia pelajari ketika merasa bosan.

Aktivitas di atas bisa membuat kita mengetahui keterampilan atau bidang apa yang si kecil kuasai. Jadi, selelah apapun Moms dan Dads, pastikan untuk tetap bisa bermain dan memantau perkembangan si kecil ya, agar ia lebih percaya diri dalam menjalani setiap kegiatan yang digemari. Selamat mencoba dan bermain dengan si kecil ya, Moms!