Popok Cuci Ulang

Seperti fungsi popok pada umumnya, popok cuci ulang, atau yang lebih populer disebut clodi, berguna untuk menampung kotoran bayi. Berbeda dengan popok sekali pakai ataupun popok kain, clodi memiliki bentuk yang lebih efisien seperti popok sekali pakai akan tetapi dapat dicuci dan dipakai ulang seperti popok kain.

 

http://babysbounty.org/slide/home-slide-show-2/
source: http://babysbounty.org


 

baca juga

Kelebihan Popok Cuci Ulang (Clodi)

Popok cuci ulang mulai diminati oleh para ibu. Selain efektif menampung kotoran, clodi juga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli popok bayi sekali pakai. Untuk lebih rincinya, berikut kelebihan popok cuci ulang yang harus kamu tahu!
  1. Menghemat pengeluaran karena dapat dipakai berulang kali.
  2. Ramah lingkungan sebab dapat dicuci dan digunakan kembali.
  3. Risiko kandungan bahan kimia yang kecil karena tidak perlu melalui proses bleaching saat produksi.
source: https://www.babycenter.com


 

Kekurangan Popok Cuci Ulang (Clodi)

Selain memiliki kelebihan, popok cuci ulang juga memiliki kekurangan serta bahaya yang juga harus diwaspadai! Berikut daftar kekurangan dan bahaya popok cuci ulang yang harus kamu waspadai:
  1. Tidak hemat waktu karena perlu mencuci setiap popok kotor. Popok cuci ulang harus segera dicuci untuk menghindari tercemarnya popok dengan bakteri dan kuman-kuman dari kotoran.
  2. Bahaya popok cuci ulang juga dapat terjadi jika kamu mencuci popok dengan tidak bersih. Ketelatenan dalam mencuci popok cuci ulang sangat diperlukan agar popok bayi tetap steril saat digunakan. 
  3. Tidak praktis untuk digunakan saat berpergian.
source: http://www.deathandtaxesmag.com


 

baca juga

Waspada Bahaya Popok Cuci Ulang yang Sudah Jenuh

Meskipun dapat dicuci dan digunakan ulang, popok clodi juga dapat menimbulkan bahaya jika tidak dibuang atau diganti saat popok sudah kotor dan jenuh. Tidak selamanya kamu dapat menggunakan popok clodi berulang karena pencucian secara rutin juga dapat merusak kain clodi sehingga tidak dapat digunakan lagi. Dampak negatif penggunaan clodi yang sudah jenuh/kotor akan muncul seperti ruam disekitar kulit kelamin atau bokong si bayi.

source: http://estilodevida.televisa.com

Nah, itulah kelebihan kekurangan popok cuci ulang (clodi) yang dapat kamu jadikan pertimbangan sebelum memilih popok apa yang akan digunakan untuk buah hati. Pastikan kamu sudah mengetahui kemungkinan bahaya yang terjadi untuk mengantisipasinya dari awal.