Proses Implantasi

Salah satu penyebab munculnya flek saat hamil muda adalah akibat proses implantasi. Proses implantasi merupakan proses pelekatan embrio di dinding rahim. Saat itu terjadi, ada kemungkinan munculnya flek. Biasanya flek yang muncul berwarna kecoklatan, tidak terlalu banyak dan berlangsung sebentar. Jadi, tidak akan berbahaya. Jika flek yang keluar dalam volume banyak dan waktu yang lama, segera konsultasikan kehamilan pada dokter.

Selain itu ada beberapa penyebab flek coklat lainnya yang sering terjadi antara lain :

  • Flek pada saat terjadinya ovulasi.
  • Flek akibat ketidakseimbangan hormon.
  • Flek akibat stress atau kelelahan.
source: http://www.ibu-hamil.web.id


 

baca juga

Infeksi Pada Mulut Rahim

Penyebab flek selanjutnya pada dasarnya tidak terlalu membahayakan. Darah atau flek yang keluar merupakan darah akibat luka infeksi mulut rahim. Hal ini biasa terjadi disebabkan karena aktivitas hubungan suami istri saat hamil muda. Biasanya, mulut rahim akan menjadi semakin lunak dan mudah terluka saat hamil.
source: http://bundaupdate.com/


 

Akibat dari fertilasi

Flek juga dapat terjadi pada ibu hamil yang mengalami fertilasi tidak sempurna. Penyebab fertilisasi tidak sempurna berbeda-beda pada tiap kejadiannya. Namun, untuk menghindari hal berbahaya yang ditimbulkan flek saat hamil muda, sang ibu dianjurkan untuk selalu mengontrol kehamilan secara rutin dan berkala.
source: http://www.kompasiana.com


 

baca juga

Perubahan Hormon

Terakhir, flek yang keluar pada awal kehamilan juga dapat terjadi akibat perubahan hormon. Pada minggu-minggu awal kehamilan, biasanya akan terjadi perubahan hormon secara signifikan sehingga menyebabkan munculnya flek kecoklatan. Biasanya flek akibat perubahan hormon tidak berlangsung lama. Jika berlanjut, kamu dapat segera berkonsultasi dengan dokter.
source: https://family.fimela.com


 

Waspada Perbedaan Flek dan Pendarahan Saat Hamil Muda

Pada dasarnya adalah keluarnya darah yang disebabkan oleh aktivitas kehamilan, seperti yang sudah disebutkan diatas. Flek ini tidak berbahaya bagi kehamilan asalkan dalam taraf wajar dan tidak terlalu sering.

Sedangkan, pendarahan adalah keluarnya darah dalam volume dan intensitas yang sering dan banyak, jadi sangat berbeda dengan flek yang biasanya munculnya berupa noda kecoklatan. Penyebab pendarahan umumnya karena beberapa hal, seperti akibat kelahiran prematur, hamil anggur, pemisahan plasenta, dan masih banyak lagi.


Jadi, Apakah Flek Berbahaya?

Flek dapat dikatakan tidak berbahaya jika terjadi pada satu hari dan dalam volume yang kecil. Namun, jika flek terjadi dalam intensitas dan volume yang tinggi, maka segera konsultasikan dan lakukan pemeriksaan pada dokter kandungan untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.