Pengertian Kanker Kulit Melanoma

Sejak kabar meninggalnya menantu Hatta Radjasa dan istri Rasyid Radjasa, Adara Taista, pada 19 Mei lalu, banyak orang memperbincangkan kanker kulit melanoma. Dilansir dari alodokter.com, kanker kulit melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada sel pigmen kulit yang menghasilkan melanin, melanosit. Melanin adalah bagian kulit yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet. Melanoma disebut-sebut sebagai kanker kulit terganas dan jarang ditemukan. Bukan saja menyerang kulit si penderita, tapi juga bisa menyebar hingga organ lain di dalam tubuh seperti hati, paru-paru dan ginjal.
 

Pengertian Kanker Kulit Melanoma
source: https://lh3.googleusercontent.com/proxy/iAjyNFkO4s0ykOkBOOPZgGVNyEOfQoLqDsGxP8kNNTlFTMeDlha3IEVntj64CjVll4N-nVYu_NlsytQhobQiWiVfQp1poaIJD8CKe9CFKmeXH1aOIVX-Yap0nGeeP-FgPztylWF-2nqMKXcIwlTjdkLoZ6tyuV64l3gIJbds7JHs7Nz_ISMwXqAAUr_HsaG4efyNXSMsZVqx=w512-h288-nc

Gejala Kanker Kulit Melanoma

Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan tahi lalat yang sudah ada sebelumnya menjadi gejala awal munculnya kanker kulit melanoma. Tahi lalat bisa muncul di bagian manapun diseluruh tubuh. Beberapa bagian yang paling sering ditemukan kemunculanya adalah wajah, tangan, punggung dan kaki. 

Tahi lalat orang yang terkena kanker kulit melanoma memiliki ukuran yang tidak biasa. Biasanya terasa gatal dan terdapat peradangan yang bisa mengakibatkan pendarahan. Selain itu, gejala lainnya adalah kulit yang lebih sensitif. Timbulnya iritasi seperti rasa gatal dan perih yang mendadak pada kulit, jika disentuh maka akan terasa sakit. 

Gejala Kanker Kulit Melanoma
source: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTkVQM1sZfQkjgzcXxN8RGMW4mSqkaLu92n8pI5NZe4l1g3koSS0Dc_2ZOCdw
baca juga

Penyebab Kanker Kulit Melanoma, Salah Satunya Terkena Paparan Matahari langsung

Melanoma terjadi ketika sel-sel dalam pigmen kulit berkembang tidak normal. Sebenarnya, belum ada penyebab pasti kanker kulit melanoma. Tapi keadaan berikut menjadi faktor resiko munculnya kanker kulit melanoma:

1. Sering terkena sinar ultraviolet. Paparan sinar ultraviolet langsung ke kulit secara berlebihan diduga menjadi salah satu pemicu kanker kulit melanoma. Meski demikian, tidak semua orang yang terkena sinar UV secara langsung terkena penyakit ini.

2. Memiliki banyak tahi lalat dan bintik dikulit. Orang dengan banyak tahi lalat mungkin beresiko terkena kanker kulit melanoma.

3. Berkulit cerah pucat dan mudah terbakar. Orang berkulit cerah memiliki pigmen lebih rendah. Hal ini mengakibatkan kulitnya rentan terhadap bahaya sinar UV. Menurut National Cancer Society, orang berkulit putih atau kaukakus 30 persen lebih berisiko terkena kanker kulit melanoma dari pada orang berkulit gelap atau hitam.

4. Ada riwayat kanker melanoma. Jika Moms memiliki keluarga dengan riwayat kanker kulit melanoma, ada baiknya Moms lebih waspada terhadap penyakit ini. 

Penyebab Kanker Kulit Melanoma, Salah Satunya Terkena Paparan Matahari langsung
source: http://cdn.skim.gs/image/upload/v1456342488/msi/woman-with-moles-and-freckles-on-face-vert_jdhysc.jpg

Nah Moms, memang penyakit kanker kulit melanoma ini belum ada obatnya. Tapi bisa ditekan risikonya. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini datang adalah dengan pola hidup sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh. Gunakan tabir surya jika Moms keluar rumah, hindari paparan sinar matahari terus-menerus. Jangan lupa waspadai hal apapun yang tidak biasa yang muncul di tubuh kita ya Moms, agar bisa segera ditangani lebih dini.