Jadikan Uang Cash Sebagai Patokan Kemampuan Daya Beli

"Your limits is your cash money" rumus sederhana yang sering disarankan perencana keuangan adalah jadikan uang tunai sebagai patokan daya beli. Kartu debit, apalagi kartu kredit, bukanlah uang tunai. Kartu kredit justru akan membuat pemiliknya berhutang. Saat harus membayar tagihan kartu kredit di bulan mendatang, justru uang tunai yang akan terkuras. Duh.. sama saja bohong ya Moms  Sediakan uang tunai di dompet untuk belanja, atau pisahkan sesuai kebutuhan akan membuat kamu lebih hemat Moms. Saat belanja, usahakan jangan semua uang tunai yang dimiliki, kamu bawa. 
 

Rencanakan Belanja, Buat List Mana yang Paling Penting

Bertolak dari prinsip di atas, buatlah list sesuai kebutuhan, bukan keinginan semata, sebagai tips belanja hemat Lebaran. Memaksa keinginan menjadi sebuah kebutuhan justru akan membuat kamu bangkrut. Akan banyak barang yang dibeli, padahal sebenarnya barang itu hanya pelengkap gengsi. 

Buat daftar kebutuhan dari yang paling penting seperti tagihan, tabungan, zakat, belanja harian. Baru kemudian kebutuhan tambahan lain untuk hari raya. Sesuaikan daftar belanja sesuai jumlah uang tunai yang kamu miliki. Pastikan setelah lebaran, kamu masih memiliki anggaran untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan mematuhi list, dijamin kamu terbebas dari bangkrut. 

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRq34Tk0Z8o66WpMexHlg0opd3luZphfF0NtRYs9eGu999jEI4lDqnN41GV
baca juga

Manfaatkan Diskon dan Promo

Saat menjelang Ramadhan, akan ada banyak promo dan diskon belanja. Manfaatkan dengan bijak promo dan diskon yang ada deh Moms. Misalkan ingin membeli baju anak, jika ada baju dengan promo beli dua gratis satu, meskipun model baju itu sudah model tahun lalu, akan lebih baik daripada beli satu dengan harga asli. 

Tapi diskon gila-gilaan kadang membuat kita gelap mata. Bijak memilih diskon sesuai kebutuhan kita, lalu menutup mata untuk barang yang tidak ada di list akan membantumu lebih hemat dalam berbelanja. 
source: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTX68yjxrZt30kqOSdS9qvlPSCyfAsRuo8uvwQIG-diCMTWwnjA3l-5AzhUvA

Belanja Hemat di Pusat Grosir

Pasar grosir selalu menjadi tempat paling tepat saat kita ingin berhemat. Harga pasar grosir jelas lebih murah daripada supermarket. Bahkan, pembelian dalam jumlah yang banyak akan mendapatkan harga lebih murah lagi.

Meskipun Moms mungkin harus berdesakan dengan puluhan orang lain yang juga berbelanja. Hal itu tidak akan menjadi masalah jika Moms bisa menghemat puluhan ribu untuk belanja kebutuhan lebaran. 
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQa-AaQYbaF-y-TDDIWy2WyOeGHspUsjzryeWlwVqYLbFtrI4LDomFh445B