Flek Saat Hamil Muda

Flek merupakan sebuah keadaan timbulnya bercak darah atau noda kecoklatan saat hamil muda. Sebenarnya, flek, atau yang juga biasa disebut dengan spotting, merupakan sesuatu hal yang wajar terjadi jika tidak timbul bersama gejala atau komplikasi lainnya.

Flek yang normal biasanya munch berupa bercak darah merah atau coklat dengan volumenya sedikit dan berlangsung hanya sebentar. Terjadinya flek normal ini merupakan akibat dari proses perubahan hormon di awal kehamilan, pelekatan sel telur yang dibuahi oleh dinding rahim, dan infeksi ringan pada mulut rahim.

source: http://kesehatanaz.com

Akan tetapi, ibu hamil tetap harus waspada terhadap potensi flek yang abnormal. Flek tidak normal ini biasanya ditandai dengan keluarnya darah dalam volume yang cukup banyak, perdarahan berlangsung lama, juga disertai dengan nyeri atau kram perut yang hebat. 

Penyebab Flek Abnormal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, flek yang banyak dan lama memiliki risiko adanya masalah serius pada kandunganmu. Berikut merupakan hal-hal yang berpotensi disebabkan oleh flek abnormal:

1. Keguguran
Keguguran biasanya dimulai dengan munculnya bercak darah dalam volume yang banyak dan dalam waktu lama. Gejalanya bermacam-macam, beberapa kasus flek keguguran terjadi berupa keluarnya bercak darah sedikit demi sedikit tetapi berlangsung lama. Ada juga yang terjadi berupa perdarahan hebat dalam waktu yang singkat.

2. Kehamilan Ektopik
Kehamilan ektopik, yaitu kehamilan di luar kandungan akibat pembuahan sel telur yang terjadi di luar rahim. Hal ini mengakibatkan sel telur yang telah dibuahi tidak dapat melekat pada dinding rahim ibu tetapi justru berada di tempat lain.

3. Hamil Anggur
Hamil anggur merupakan sebuah kondisi kehamilan yang tidak normal. Hamil anggur biasanya memiliki tanda-tanda yang sama dengan kehamilan biasa. Namun, biasanya diikuti oleh rasa sakit dan flek yang luar biasa.

4. Kelainan Plasenta
Kelainan placenta yang mum terjadi adalah adalah plasenta previa, yaitu posisi plasenta terletak di rahim bagian bawah sehingga tertekan bayi atau bahkan menutup jalan lahir. Biasanya ibu dengan kelainan plasenta akan diminta untuk banyak beristirahat dan mengurangi aktivitas berat.

source: http://www.pakargigi.com/2015/01/obat-sakit-gigi-berlubang-untuk-ibu-hamil.html
baca juga

Perhatikan Kondisi Kehamilanmu

Memperhatikan kondisi kehamilan merupakan hal yang harus diutamakan, terutama saat masih berada di trimester pertama. Jangan sepelekan flek jika terjadi dalam volume yang banyak dan dalam waktu yang lama. Segeralah untuk memeriksakan kandunganmu. Akan lebih baik jika kamu memiliki jadwal kontrol kandungan yang rutin dan berkala sehingga kesehatan serta perkembangan janin dapat dipantau dengan baik.