1. Sakit Batuk 

Saat anak terkena batuk tentunya membuat moms tidak tega. Gejala batuk akan membuat anak susah tidur, lelah karena terus menerus batuk dan juga gangguan makannya juga terganggu karena batuk. Untuk mengobati batuk, Moms bisa membuat ramuan seperti air rebusan daun saga, air lemon, dan juga bisa diuap menggunakan bawang merah. Lakukan treatment ini hingga batuk anak perlahan hilang. 

source: http://www.biodiversitywarriors.org

2. Sakit Pilek

Pilek membuat aktivitas anak terganggu seperti sulit tidur, sulit bernapas dan susah makan. Moms bisa mengartasinya dengan ramuan herbal seperti air jahe. Buatlah air jahe hangat untuk anak yang sedang batuk, caranya rebus jahe dengan air putih dan tambahkan madu asli untuk memberikan rasa manis. Air jahe hangat bisa meredakan batuk kering atau batuk berdahak. Rasa hangat air jahe akan membantu proses penyembuhan secara alami pada anak.

source: https://hellosehat.com
baca juga

3. Sakit Demam 

Penyakit demam memang sering melanda anak-anak yang diakibatkan oleh virus atau karena kondisi tubuh anak yang sedang kurang sehat. Moms bisa membuat ramuan herbal seperti bawang merah yang dihaluskan dan dogosokkan ke seluruh tubuh anak. Selain itu Moms juga bisa membuat ramuan herbal lain diantaranya mengolesken kunyit atau temulawak ke tubuh anak yang sedang demam. Kemudian berikanlah ia makanan hangat seperti sup ayam atau daging untuk mengembalikan energinya dan agar Si kecil mengeluarkan keringat. 

source: https://www.go-dok.com

4. Sakit Kembung dan Sembelit 

Sakit kembung dan sembelit biasanya diakibatkan karena faktor makanan atau kurang istirahat. Untuk mengatasinya Moms bisa menggunakan daun jarak sebagai obat. Caranya cuci bersih dua lembar daun jarak, kemudian panaskan di atas api, namun jangan sampai gosong. Tempelkan di perut si kecil dan tutup dengan kain agar tidak berceceran. Biasanya setelah diberi daun jarang Si kecil akan langsung buang air besar. Mudah 'kan Moms membuatnya? 

source: https://www.khasiatsehat.com