Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Memperbanyak konsumsi serat dapat membantu pencernaan Si Kecil untuk mengeluarkan tinja dengan mudah. Untuk bayi usia 6 bulan, coba tambahkan kacang merah, kacang polong atau sayur bayam pada makanannya. Sedangkan untuk anak usia di atas 1 tahun, berikan buah segar seperti pir, pepaya dan apel sebagai sumber serat alaminya.

source: http://www.robinraygreen.com


 

baca juga

Perbanyak Konsumsi Air

Cairan dapat melancarkan tinja untuk dapat dikeluarkan tubuh. Oleh karena itu pastikan Si Kecil cukup minum dengan mengonsumsi 1,8 liter air perhari untuk anak 4-8 tahun. Jumlah ini bisa lebih banyak atau sedikit tergantung umur dan berat badan masing-masing anak. Kamu juga bisa memberi tambahan minuman berupa jus buah untuk menggugah selera si kecil, namun usahakan jangan ditambahkan gula karena itu dapat menghambat proses pencernaan.
 

source: https://www.whattoexpect.com


 

Hindari Makanan yang Kurang Mengandung Serat

Untuk memberikan pertolongan pertama saat anak sembelit, sebaiknya hindari dulu makanan yang dapat memperparah kondisinya fast food, keju, sus, makanan yang memberi efek mengikat seperti pisang, dan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak seperti daging.
source: http://www.parents.com


 

baca juga

Bawa Segera ke Dokter

Jika dalam beberapa hari setelah 3 cara tadi dicoba dan si kecil tetap sembelit, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter. Karena jika terus dibiarkan, sembelit bisa dadi pemicu gangguan kesehatan lain seperti wasir dan ketidakmampuan anak menahan BAB, lho.

source: http://discoverykids.com