Kelainan struktural janin bisa terdeteksi melalui USG pada usia kehamilan 18-23 minggu, sedangkan menganai kelainan pada bayi, posisi, serta pertumbuhan janin, plasenta, tali pusat dan volume air ketuban dalam janin bisa kita ketahui pada usia kehamilan 30-34 minggu. Pada dasarnya USG memiliki tujuan yang sama, hanya saja yang membedakannya dimensi dan detailnya yang berbeda, semakin besar dimensinya semakin terlihat. Nah, tapi tetep penasaran ya Moms bedanya USG 2G, 3G, dan 4G.

source: https://www.berlianabunda.com/

USG 2 Dimensi

Seperti Moms ketahui, pada USG 2D gambar yang terlihat tampak samar, tapi gerakan si kecil terpantau dengan baik. Meski dimensinya samar tapi hasil dari USG 2D ini tetap bisa digunakan untuk melihat organ-organ internal bayi, USG ini biasanya digunakan pada saat pemeriksaan awal atau saat usia kehamilan Moms masih di trimester awal. Dengan USG 2D ini dokter biasanya memantau kondisi janin. Bisa jadi dokter akan menyarankan menggunakan dimensi yang lebih jelas di trimester awal, jika dokter mendeteksi adanya kelainan.

USG 3 Dimensi

source: https://www.medycynalomza.pl/

Pada USG 3D gambar yang dihasilkan bisa dimengerti oleh kita, karena pada USG 3D gambar lebih detail serta bisa melihat anatomi tubuh dari janin dengan lebih jelas, bahkan bisa mendeteksi kelainan pada janin dengan sangat jelas.

baca juga

USG 4 Dimensi

source: http://mommiesdaily.com/

Seiring berkembangnya zaman, USG 4D hadir dengan gambar yang sangat detail dan akurat. Ditambah dengan gerakan nyata janin lakukan di perut Moms, sedang menghisap jari, menguap, tersenyum, tidur, hingga cegukan bisa kita lihat secara nyata. USG 4G juga mampu memvisualisasikan anggota tubuh lebih jelas, misalnya saja hidung janin mancung atau pesek, ada lesung pipi atau tidak.

Nah, lebih detail dan lengkap dibanding USG 3D, maka bisa dikatakan pemeriksaan ini dapat mendeteksi kelainan yang terjadi secara lebih dini pada ibu hamil, sehingga pengobatan yang diberikan lebih tepat dan akurat. Menariknya keuntungan yang bisa Mom sdapat didapat setelah melakukan USG 4D adalah bisa mendapatkan film janin dalam bentuk CD. Meskipun harganya lebih mahal, tapi pemeriksaan USG 3D atau 4D akan lebih bermanfaat, detail, bisa mengetahui struktur tubuh si kecil dengan jelas, dan tetunya harga mahal pun tak masalah ya Moms.

Terlepas USG mana yang Moms pilih pastikan Moms memilih dokter yang memang sudah terakreditasi terutama untuk USG 3G dan 4G. Happy Pregnant Moms!