Apa itu SIS?

Waspada Moms! Penting Mengetahui Tentang Pemeriksaan SIS
source: http://bundanet.com/

Pemeriksaan untuk mendeteksi kelainan rahim dan saluran tuba ini dilakukan menggunakan alat Ultrasonography (USG) dengan memasukkan cairan saline steril ke dalam rongga rahim. Biasanya pemeriksaan SIS dilakukan pada pasien dengan kondisi infertilitas/kekurangsuburan, keguguran berulang, perdarahan uterus abnormal, keguguran berulang, dan kelainan bawaan rahim. Ibu hamil atau ada dugaan kehamilan tidak bisa melakukan pemeriksaan ini. Tindakan ini juga tidak boleh dilakukan pada Moms yang memiliki gangguan nyeri panggul.

Bagaimana pemeriksaan SIS dilakukan?

Waspada Moms! Penting Mengetahui Tentang Pemeriksaan SIS
source: https://www.mayoclinic.org/

Prosedur pemeriksaan ini biasanya dilakukan setelah kita haid hari ke 9-11, itulah kenapa pemeriksaan SIS ini tidak bisa dilakukan wanita hamil. Moms tidak usah khawatir karena sebelum dan sesudah pemeriksaan kita akan diberikan obat penahan sakit. Tahapan awal pemeriksaan ialah melakukan USG trans-v dengan kateter kecil yang dimasukan ke dalam rongga rahim melalui mulut rahim, setelah itu melalui kateter cairan saline steril dimasukkan dan dipantau melalui USG. Kemudian akan tampak rongga rahim secara detail.

Dari pemeriksaan ini bisa kita lihat dengan jelas adanya kelainan pada rahim kita, baik itu polip endometrium hingga mioma, tak hanya itu kita juga bisa melihat apakah kelainan itu menyumbat.

baca juga

Efek Pemeriksaan SIS

Waspada Moms! Penting Mengetahui Tentang Pemeriksaan SIS
source: https://prelo.co.id/

Pemeriksaan ini aman dilakukan dan hanya bisa dilakukan oleh wanita yang sudah menikah atau sudah melakukan hubungan intim. Tapi terkadang beberapa ada yang mengalami kram perut ringan pendarahan ringan, dan keputihan. Komplikasi yang cukup serius bisa terjadi infeksi panggul, tapi hal ini terjadi kurang dari 1% dan hal ini pasti terjadi karena infeksi saluran tuba.

Nah, bagi Moms yang memiliki gejala yang mengharuskan untuk melakukan pemeriksaan ISIS ada baiknya segera dilakunan agar bisa dilakukan penanganan yang lebih lanjut, jangan ditunda ya Moms supaya bisa ditangani lebih lanjut.