Belajar naik sepeda roda dua bagi anak merupakan hal yang penting. Saat mengendarainya, anak harus tetap seimbang dan stabil. Anak akan mencoba memfokuskan dirinya terhadap jalanan, mengayuh pedal, bagaimana mengatur kecepatan dan keseimbangan. Ketika menaiki sepeda panca indera akan saling berkoordinasi dengan anggota tubuh lainnya untuk tetap menyeimbangkan tubuh. Selain berjalan, kegiatan bersepeda bermanfaat untuk melatih kekuatan kaki dan kebugaran tubuh. Wah! Baik sekali untuk kesehatan fisik ya, Moms.

source: https://www.todaysparent.com/

Nah! Ternyata manfaat belajar naik sepeda roda dua ini menambah wawasan anak. Selain mengerti perarutan lalu lintas dengan keamanan yang terjaga seperti memakai helm atau pelindung lain pada beberapa bagian tubuh, kegiatan bersepeda ini mengasah keberanian, melatih kemampuan sosial-interaksi, meningkatkan konsentrasi, dan menghilangkan rasa takut dalam menghadapi tantangan.

source: https://www.planetizen.com/

Sangat disayangkan bukan, jika orang tua tidak mengajari anaknya untuk bersepeda. Orang tua juga harus mempersiapkan diri untuk menjadi pelatihnya. Salah satunya adalah menumbuhkan rasa senang dan semangat ketika bersepeda. Orang tua dapat memperlihatkan bagaimana teman-teman sebayanya melakukan aktivitas bersepeda atau memperlihatkan sepeda yang akan membuat si kecil merasa tertarik. Kesesuaian sepeda dengan anak juga sangat perlu diperhatikan, seperti ukuran sepedanya.

baca juga
source: http://www.velo.hu/

Kebanyakan orang tua takut pada tahap belajar bersepeda adalah keselamatan anaknya. Takut jatuh? Wah! Ini yang kemudian diperlukan untuk melawan ketakutan tersebut, orang tua perlu memakaikan pelindung keselamatan seperti helm sepeda, pelindung sikut dan lutut. Tempat berlatih pun harus dipastikan aman. Arahan, dorongan, bagaimana cara mengajari teknik bersepeda yang baik dan mengatur beberapa item seperti pedal atau rem membutuhkan kesabaran yang ekstra bagi orang tua agar kegiatan bersepedanya tetap menyenangkan, sehingga si kecil tidak perlu takut untuk mengendarai sepeda.

Bagaimana, Moms? Sudah siap mengajarkan si kecil mengendarai sepeda guna perkembangan pendidikan anak?