Bayi Hanya Diberi Mikronutrien

Anak terlihat kurus setelah MPASI umumnya bukanlah masalah besar jika kamu memahami dan mengatasinya dengan baik. Banyak ibu gemar mengolah puree sayur dan buah untuk di kecil dengan alasan bahwa dua jenis makanan ini mengandung gizi tinggi. Pemahaman kamu yang mengutamakan buah dan sayur sebagai MPASI adalah kurang tepat. Meskipun buah dan sayur bernutrisis tinggi dan mengandung serat, tapi sifatnya hanya mikronutrien. Sedangkan yang dibutuhkan bayi adalah jenis makanan yang sifatnya makronutrien.

source: https://beritagar.id


 

baca juga

Asupan Kalori Sumber Energi

Bayi juga membutuhkan asupan kalori yang menjadi sumber energi, dan ini hanya bisa didapat dengan cara mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Kebiasaan kamu yang hanya memberikan MPASI berupa buah dan sayur menjadi salah satu penyebab berat badan bayi turun drastis selepas masa ASI eksklusif. Karena itu, Beautynesian jangan cuma memberikan puree brokoli atau pepaya. Berikan juga puree yang terbuat dari makanan berkarbohidrat, seperti tepung beras, kentang, labu, atau ubi. Dan jangan lupa asupan protein hewani yang berasal dari daging merah. Buah, sayuran, dan karbohidrat juga bisa dicampur saat diberikan kepada bayi. Tapi perlu diperhatikan volume makanan yang diberikan. Jangan terlalu banyak dan tidak harus satu mangkuk.

source: https://www.vemale.com/


 

Penyebab Berat Badan Anak Turun

- Kurang seimbangnya asupan nutrisi bayi, peranan ibu sangat besar untuk menentukan asupan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan gizi bayi kamu. Nah, makanya kamu harus cermat dalam pemberian MPASI.

- Bayi kamu telah memasuki masa pertumbuhan tinggi badan sehingga gerak dan aktivitasnya yang aktif pada bayi yang berusia lebih dari 6 bulan menyebabkan berat badannya mengalami penurunan dalam jumlah yang wajar.

- Bayi anda sedang mengalami gangguan kesehatan, salah satunya yaitu gangguan pencernaan (penyerapan makanan) atau diare sehingga nafsu makannya berkurang, mempengaruhi berat badan bayi.