Apa yang harus dilakukan?

Dalam beraktivitas, ibu hamil memang harus mengurangi porsinya. Tapi, bukan berarti kita malas bergerak ya Moms. Apalagi perlu Moms ketahui, terlalu banyak duduk atau diam hanya akan membuat otot-otot semakin tegang, dan hal inilah yang membuat Moms mengalami sakit pinggang yang hebat saat hamil tua. Nah, Moms bisa memulai rutinitas ringan seperti olahraga yang bisa memperkuat otot, terutama melatih otot pinggang, kaki, dan perut bawah. Nah, aktivitas apa sih yang bisa kita pilih?

  • Senam hamil merupakan pilihan tepat yang banyak dipilih oleh ibu hamil, terlebih senam hamil ini biasanya disertai training memepersiapkan kelahiran yang tentunya melibatkan Dads.

    source: https://www.go-dok.com/wp-content/uploads/2017/05/spa-dan-senam-hamil-web.jpg
  • Berenang juga bisa menjadi pilihan olahraga seru yang bisa kita lakukan bersama Dads lho Moms. Olahraga air ini bisa mengurangi intensitas sakit pinggang saat hamil tua. Apalagi menurut penelitian, berenang secara rutin bisa memperkuat otot perut bawah dan pinggang pada ibu hamil.

    source: http://www.curhatbidan.com/uploads/images/cover/tips-berenang-yang-aman-untuk-ibu-hamil.jpg
  • Jalan kaki merupakan olahraga yang mudah dilakukan, apalagi tidak perlu mengeluarkan biaya, Moms. Kita bisa melakukan aktivitas ini pada pagi dan sore hari, sekedar berkeliling komplek rumah rasanya tidak terlalu berat, apalagi billa Moms mengajak Dads.
     

    source: https://i1.wp.com/javatalk.info/wp-content/uploads/2018/02/manfaat-jalan-kaki-untuk-ibu-hamil.jpg?fit=400%2C300&ssl=1
  • Gunakan flat shoes dalam keseharian, untuk Moms yang hobi menggunakan high heels selama hamil adakalanya mengurangi penggunaannya dan menggunakan flat shoes, karena sepatu berhak tinggi hanya akan membuat Moms semakin berisiko mengalami sakit pinggang bahkan terjatuh, apalagi jika sudah hamil tua.
     

    source: https://d15hng3vemx011.cloudfront.net/attachment/34518449218189668554.large
  • Jika sudah tidak tahan, Moms bisa meluangkan waktu untuk melakukan pijat, baik di tempat spa ataupun pijat tradisional. Tapi pastikan Moms menggunakan minyak yang berbahan alami seperti zaitun agar Moms tampak rileks dan menghindari janin terkontaminasi bahan kimia.
     

    source: https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/59f45f6cb976e54c2493fa3f_m
  • Tidur dengan posisi menyamping dan ditekuk dengan satu lutut menggunakan alas bantal. Pastikan Moms juga menyimpan bantal di bagin bawah perut dan belakang punggung bisa mengurangi rasa sakit, apalagi jika mengkompresnya dengan air hangat. Nah, minta Dads untuk membantu melakukan hal ini ya, Moms.

Jika sakit pinggang saat hamil tua menghadang, lakukan cara di atas untuk mengurangi rasa sakit, dan pastikan juga Moms melakukan gerakan-gerakan ringan agar otot-otot di badan kita tidak kaku. Semoga bermanfaat!