Air beras memiliki banyak khasiat. Khasiat air beras yaitu penuh dengan vitamin, mineral dan asam amino yang penting untuk rambut dan kulit yang indah, termasuk asam ferulat, antioksidan kuat, dan allantoin, yang mengandung sifat anti-inflamasi. 

Agar manfaat air beras dapat optimal, ada beberapa metode untuk membuat air beras digunakan sebagai bagian dari rutinitas kecantikan dan kesehatan Moms dapat menggunakan jenis beras apa pun: biji-bijian putih panjang, cokelat, melati, atau apa pun yang Moms miliki di rumah. 

Jangan Buru-buru Buang Air Cucian Beras, 5 Manfaatnya Bisa Jadikan Moms Cantik dan Sehat!
source: http://www.mundoboaforma.com.br/wp-content/uploads/2016/10/agua-de-arroz-620x330.jpg

Air Beras Masak
Ji
ka Moms ingin membuat satu porsi air beras untuk digunakan sepanjang minggu dalam bentuk encernya. Berikut cara membuatnya: siapkan nasi seperti biasa, tetapi gunakan dua hingga tiga kali jumlah air dari resep biasanya. Setelah nasi matang, saring. Air yang tersisa akan mengandung konsentrasi nutrisi yang tinggi, tetapi tidak perlu menggunakannya dengan kekuatan penuh. Sebagai gantinya, encerkan sekitar 3 sendok makan air beras yang terkonsentrasi ke dalam secangkir air bersih. Simpan di kulkas dalam wadah tertutup. Ini akan berlangsung hingga satu minggu.

Metode tanpa dimasak
Selain metode di atas, Moms bisa menambahkan setengah cangkir beras ke dua cangkir air dan biarkan selama 15 menit. Saring, lalu gunakan sisa air beras untuk mencuci rambut, wajah atau keduanya.

Berikut manfaat air beras untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Air beras sebagai obat gangguan pencernaan

Dilansir dari mavcure.com, Air beras adalah obat yang efektif untuk diare dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah makalah penelitian oleh para peneliti Inggris menyimpulkan bahwa konsumsi air beras secara oral dapat secara efisien menurunkan frekuensi keluaran tinja pada anak. Air beras bahkan lebih efektif daripada larutan elektrolit dalam mengurangi jumlah gerakan usus pada anak dengan diare akut.

Ambil setengah cangkir beras merah dan rebus dengan 3 gelas air dan didihkan dengan api sedang selama 30 menit. Beri anak satu sendok makan air beras setiap empat jam atau sampai gejalanya mereda.

1. Air beras sebagai obat gangguan pencernaan
source: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ-yJUDY1yT1FZDAKjENkbld-XYb7WtELgUJI1co1TzKsdhi1P4RicwNjBY
baca juga

2. Sumber energi

Konsumsi air beras secara teratur membantu memberi energi pada Moms dan keluarga termasuk si kecil secara instan. Air beras mengandung kadar karbohidrat yang sangat tinggi yang akan membantu memenuhi kebutuhan energi si kecil  setelah seharian beraktivitas. Jangan khawatir Moms, air beras dapat dengan mudah dicerna kok!

2. Sumber energi
source: https://lh6.googleusercontent.com/proxy/1MEldOkSzZsT6wyPdsHETzmeuqxB9-WgLCLKvVV8RjeUVnsaUuqJQZFpSkYyKczB5mYgpJRo9NHtOypnTQzniWHubwVUs7PX3QBXh2LNJGQvML8Y8j5avdPYRhSmZ4Wn0bjJN2bhp4I=w470-h313-nc

3. Air beras untuk kecantikan kulit wajah

Sudah sejak lama air beras digunakan untuk kecantikan wajah. Sama seperti menggunakan pembersih muka, celupkan kapas bersih ke air cucian beras atau air dari beras yang diendapkan. Pijit muka Moms dan biarkan selama beberapa saat agar vitamin dan mineral dalam air beras terserap dengan baik. Gunakan secara teratur, maka wajah akan bersih dan berseri. Air beras juga dapat mengecilkan pori-pori muka, menstimulasi sel-sel kulit wajah dan melembutkan kulit wajah.

3. Air beras untuk kecantikan kulit wajah
source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTToSrqkaEQhJ5sUCyHyDiks8zD8khYptWJHDE0pcbTcfgO6eofJb83IWlc
baca juga

4. Air beras untuk mengobati jerawat dan iritasi kulit

Air beras dapat membantu menghilangkan jerawat di muka. Kandungan air beras yang berfungsi sebagai astringent  dapat membantu mengecilkan pori bisa membantu mengatasi iritasi akibat  proses breakout pada wajah. 

Khawatir sunburn saat beraktivitas di luar ruangan atau liburan? Mulai sekarang, jangan buang air cucian beras. Manfaat air beras yang bisa mendinginkan peradangan akibat terbakar sinar matahari. Kandungannya dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat serta membantu mencegah kerusakan jaringan kulit. 

4. Air beras untuk mengobati jerawat dan iritasi kulit
source: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQwpg4Gdho96TKPcHRFCe_sCalFeN1aKAfkUs2mOr07WjU5bqoP5JvlG-g6DA

5. Manfaat air beras untuk rambut sehat berkilau

Keramas dengan air beras pertama kali dilakukan masyarakat tradisional Jepang yang di sebut yu-su-ru. Air beras mengandung asam amino dan vitamin yang dapat membantu pertumbuhan rambut lebih cepat dan bervolume. Saat rambut rusak dan Moms bingung bagaimana cara memperbaikinya, gunakan air cucian beras. Niscaya rambut akan kembali berkilau.

 

5. Manfaat air beras untuk rambut sehat berkilau
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQn_aKs5KM4xD0GLrbH1zqE_ww7WThji-aO50BUCrwEd-ctpZ_yFw

Nah Moms, ternyata ada banyak manfaat air beras untuk kesehatan ya. Mulai sekarang jangan buang air sisa cucian beras Moms, ya!