Menu MPASI pertama bayi bisa berbeda-beda, tergantung pada kondisi tiap bayi. Namun kamu bisa mencoba untuk memberi si kecil pure buah tanpa tambahan gula atau garam sebagai perkenalan MPASI. Selain buah, kamu juga bisa memberi si kecil daging-dagingan seperti sapi atau ayam yang dihaluskan sebagai penambah zat besi yang kemungkinan sudah tidak tercukupi lagi hanya dengan ASI. Sebagai panduan, kamu bisa mencoba menu MPASI pertama untuk bayi berikut ini:

Seminggu Pertama

Menu MPASI pada minggu pertama bayi saat memasuki usia 6 bulan adalah pure buah-buahan seperti pisang, apel, pir, dan alpukat. Pada hari pertama hingga ketiga sebagai percobaan, kamu bisa memberi satu jenis buah saja dengan frekuensi satu kali sehari. Memasuki hari ke empat, kamu boleh mencampur 2 buah sekaligus seperti apel dengan pir ataupun pisang dengan mangga. Buah-buahan dapat menjadi sumber serat, kalium, kalsium, hingga asam folat.

source: https://beabausa.com


 

baca juga

Minggu Kedua

Pada minggu kedua, kamu bisa mencoba memberikan sumber karbohidrat seperti kentang, umbi, oatmeal ataupun nasi yang dibuat bubur. Kamu juga bisa mulai memberinya tambahan pure sayuran untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Variasikan pilihan sayuran mulai dari wortel, brokoli, buncis, zucchini ataupun jagung manis. Pilihan menu pure sayuran ini bisa kamu ganti setiap hari agar si kecil terbiasa dengan berbagai rasa makanan sehingga dia tidak menjadi picky eater, mommies.


 

Minggu ketiga

Setelah mencoba beberapa jenis buah, sayur, umbi dan sumber karbohidrat lain, pada minggu ketiga ini kamu bisa mulai memberinya daging yang dihaluskan, pilihan daging bisa ayam ataupun sapi. Sebenarnya kamu sudah bisa memberi si kecil daging sejak migngu kedua pertama MPASI, namun lebih baik jika bertahap terlebih dahulu agar si kecil menyesuaikan. MPASI berupa daging halus sangat baik untuk menambah berat badan bayi, tapi jika si kecil sudah cuup gemuk, kamu bisa memberinya daging dengan porsi yang sedikit saja.

source: https://beabausa.com