Mengatasi Dehidrasi

Apa jadinya saat tubuh kekurangan cairan? Air sangat dibutuhkan untuk mendinginkan suhu tubuh. Selain itu air adalah alat transportasi bagi nutrisi maupun sampah dalam tubuh. Nah, bisa dibayangkan bagaimana kerja metabolisme tubuh jika kita kekurangan air Moms?
Mengonsumsi buah timun dapat membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi. Timun diketahui mengandung 95 persen air. Khasiat buah timun juga mengandung mineral seperti potassium dan magnesium yang diperlukan tubuh. Tidak hanya itu, antiinflamantori pada timun dapat membantu tubuh mengangkut sampah. 

source: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQMIFW437hQsZDU7X4rzZEG1ekMuGr0w8fsE-nkhEZ-cmC3C0tI-2FdrrOVFw

Mencegah Kanker

Seperti dilansir dalam livescience.com timun mengandung kandungan yang mampu mencegah kanker, yaitu lignan dan cucurbitacins. Penelitian  pada tahun 2010 yang dikutip dari Scientific world jurnal menyebutkan bahwa cucurbitacins dapat memblok jalur sel kanker untuk bertahan hidup.
Sedangkan lignan terbukti mampu mengatasi dan mengobati kanker ovarium.
 

source: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSQ70y8lvoLBmJfkJk1fJWR6JzKHfGMnRouKl4a-3qcPjdONuzJfw
baca juga

Baik untuk Pencernaan

Berdasarkan review Fitoterapia tahun 2013, buah timun berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi konstipasi karena mengandung air dan serat. Cara terbaik mengonsumsi timun untuk masalah pencernaan adalah dengan memfermentasikan timun.

Selain itu buah timun mengandung bakteri probiotik yang baik untuk pencernaan. Disarankan untuk tidak merebus timun agar khasiat timun tidak berkurang ya Moms, karena saat proses perebusan, bakteri baik bisa menghilang.

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTKW1zsnPl3y0_HTNBYTjsokEQDX-YlVcuDAcy8fgwXKs2gamMO4A

Bermanfaat Menjaga Berat Badan

Timun untuk menjaga berat badan? Wah, ini sih sudah bukan rahasia lagi Moms. Mengonsumsi timun dapat membuat kebutuhan serat tubuh terpenuhi. Serat berfungsi untuk menjaga kita tetap kenyang saat sedang diet. Seseorang yang mengonsumsi buah dan sayur yang cukup juga terjaga berat badanya. Tapi bukan berarti hanya mengonsumsi timun saja ya, Moms.

Kandungan kalorinya yang rendah dari buah timun sangat populer digunakan sebagai menu saat diet. Timun juga memiliki kandungan air yang cukup banyak yang memiliki hubungan dengan penurunan berat badan. 

source: https://thumbs.dreamstime.com/b/cucumber-juice-glass-fresh-grey-wooden-table-59685920.jpg
baca juga

Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan potassium dalam timun dapat membantu menjaga tekanan darah. Sebuah riset yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information (NCBI) menyebutkan bahwa tingkat stroke dan risiko penyakit kardiovaskular yang rendah berhubungan dengan kandungan potassium.

source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSr-nRYvkYHF_ExXbI3pVf3DYhbRu9WLpHmE1V37eCSPAyB_DRgt2VMPo6Pqg