1. Minggu Pertama  

Perlu Moms ketahui perkembangan janin setelah sel telur dibuahi oleh sperma, ia akan menempuh perjalanan panjang selama 5-7 hari menuju tuba falopi ke uterus. Kemudian sel telur yang sudah dibuahi akan menempel pada dinding rahim dan berkembang dengan membelah diri. Nah, perkembangan janin pada minggu pertama ini embrio akan banyak mengalami pertumbuhan dengan perkembangan awal seperti otak, sumsum tulang belakang, hati, dan saluran pencernaan.

source: http://babygaga.com

2. Minggu kedua dan ketiga

Perkembangan janin pada minggu ini tangan dan kaki Si calon dedek bayi sudah dimulai, meskipun belum terlihat jelas dan belum bisa dibedakan ya Moms. Selain itu jantung Si janin pun sudah mulai berdetak secara stabil, serta plasenta yang sudah membentuk dan memproduksi beberapa hormon penting termsuk hCG. Pada minggu ini embrio sudah berukuran seperempat setengah sentimeter. Janin akan terus bertambah besar seiring bertambahnya usia kehamilan. 

source: http://www.pregnancydietplanhq.com
baca juga

3. Minggu Keempat

Perkembangan janin pada minggu keempat ini  yakni paru-paru, rahang, dan hidung sudah mulai terbentuk. Selain itu ruas-ruas struktur pada tangan dan kaki juga sudah mulai terbentuk, sedangkan otak masih terus membentuk bagian-bagian yang kompleks. Jika Moms ingin mendeteksi atau mendengarkan detak jantung janin pada usia kehamilan ini bisa melakukan USG transvaginal. 
 
Minggu Kelima


Perkembangan janin pada minggu kelima kehamilan,organ-organ penting Si janini sudah mulai terbentuk dalam tubuh meskipun ukurannya masih sangat kecil ya moms. Moms juga bisa melihat ketika USG, rambut dan folikel janin sudah mulai terbentuk, begitu juga dengan kelopak mata. Siku dan jari-jari pada tangan janin dan kaki juga sudah mulai terlihat. Wah, tidak sabar ya Moms ingin melihat Si calon bayi secara langsung? 

source: https://www.thebump.com/

4Minggu Keenam

Perkembangan janin di usia ini telinga Si bayi sudah mulai terbentuk dan tulang-tulang, otot-otot mulai berkontraksi. Selain itu bagian wajah juga sudah mulai terlihat dan semakin hari semakin matang dan terlihat jelas. Kelopak mata juga sudah mulai terbentuk dnegan baik dan jelas.
 
Minggu ketujuh dan 12


Perkembangan janin pada trimester pertama sudah mulai berkembang dan berat badannya sudah mencapai 85 gram serta panjang 7,5 sentimeter. Di kehamilan trimester pertama ini janin sudah membuat kepalan tangan dan tunas gigi bayi juga sudah muncul lho Moms. Kepala janin juga sudah mencapai ukuran setengah ukuran seluruh janin.

source: https://www.babycenter.com