1. Menabung 

Menabung memnag tidak mudah, apalagi buat kamu yang sudah berkeluarga; di mana harus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga perlengkapan anak. Belum lagi jika anak sudah mau masuk masa sekolah, biaya yang dibutuhkan akan semakin besar. Namun jika niat dan tekad untuk memiliki hunian sendiri sangat bulat, tentunya Moms bisa menyisihkan uang belanja atau sekitar 10-20 persen dari gaji suami untuk ditabung. Selain itu akan lebih baik jika Moms bekerja, maka tabungan bisa semakin banyak bukan? 

source: https://www.freepik.com

2. Cari Bank dengan Bunga KPR Paling Rendah 

Saat ini banyak sekali bank yang menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga rendah. Moms dan Dads harus rajin-rajin mengunjungi event-event perumahan yang banyak menawarkan rumah dengan harga murah dan suku bunga KPR yang rendah. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk memilih rumah berdasarkan lokasi yang ideal, misalnya tidak terlalu jauh dengan kantor dan juga akses jalan tol atau fasilitas umum lainnya. 

source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Beli Emas atau Logam Mulia 

Setelah tabungan Moms dan Dads sudah cukup terkumpul, segera pindahkan investasi kita untuk membeli emas. Kenapa harus emas? Hal ini karena harga emas cenderung lebih stabil secara internasional daripada nilai tukar mata uang. Ketika situasi negara sedang tidak stabil dan memengaruhi nilai mata uangnya, nilai emas tidak akan terpengaruh secara signifikan, jadi tabungan Moms bisa tetap aman. Setelah terkumpul, emas tersebut bisa Moms jual untuk modal membangun atau membeli rumah. 

source: https://tokopedia.com

4. Lunasi Hutang Terlebih Dahulu  

Jika kamu masih memiliki hutang yang belum lunas, ada baiknya selesaikan terlebh dahulu hutang-hutang tersebut hingga lunas. Dengan begitu Moms dan Dads bisa menabung dengan tenang untuk kemudian mulai mencicil atau membeli rumah. 

source: https://www.freepik.com