1. Pisahkan Jadwal Menyusu dengan Tidur 

Langkah pertama adalah dengan memisahkan waktu menyusu dan waktu tidur. Ketika Si kecil baru bangun tidur, langsung susui ia hingga kenyang. Artinya, Moms jangan selalu memberikan ia ASI pada waktu Si kecil ingin tidur. Saat ia sudah menujukkan tanda-tanda mengantuk, gendong Si kecil sembari mengayun-ayunkan tubuhnya agar bayi mudah terlelap. Pastikan tubuh Si kecil sudah bersih dan sudah dimandikan agar tubuhnya lebih terasa nyaman. 

source: https://www.freepik.com

2. Berikan Sentuhan Lembut 

Bayi sangat menyukai sentuhan-sentuhan lembut pada tubuhnya, misalnya, kepala, bokong, dan juga punggung. Saat waktu ia tidur tiba, Moms bisa menggendongnya atau meletakkan ia di tempat tidur sambil mengelus-ngelus bagian dahinya atau menepuk-nepuk secara lembut bagian bokong Si kecil. Selain itu Moms bisa sambil bersenandung lagu-lagu agar Si kecil semakin mudah terlelap.

source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Hindari Kontak Mata dengan Bayi 

Biasanya bayi akan terus aktif bermain dan tidak mengantuk jika Moms terus melakukan kontak mata dengannya. Sebaiknya letakkan dia di keranjang bayi atau tempat tidur, belai-belai tubuhnya sebentar, lalu tinggalkan ia. Jangan melakukan kontak mata terlalu lama dengan bayi, agar ia cepat terlelap. 

source: https://www.freepik.com

4. Buat Kamar Senyaman Mungkin 

Sebelum menidurkan bayi, rapikan terlebuh dahulu kondisi kamar, seperti membersihkan kasur, menyalakan AC atau kipas, mematikan lampu dan memberikan wewangian di kamar untuk membuat bayi nyaman. Selain itu pakaikan bayi dengan baju yang nyaman seperti kaos tipis berbahan katun dan selimut tipis jika kamar Moms menggunakan AC. Hal tersebut untuk menghindari bayi masuk angin jika kedinginan. 

source: https://www.freepik.com