Tahu dan Tempe

Siapa yang tidak mengenal tahu dan tempe? Makanan favorit banyak orang ini dikenal sebagai sumber protein nabati. Per 100 gram tempe mengandung 201 kkal energi, 20.8 gram protein, 13.8 gram karbohidrat, dan kandungan lemak plus vitamin. Moms bisa mengolah tempe menjadi banyak variasi makanan seperti steak tempe, oseng tempe, bakso tempe dan lainnya.
Selain tempe, tahu juga dikenal sebagai sumber protein nabati favorit anak. Dalam 100 gram tahu, mengandung 8 gram protein. Selain itu tahu juga rendah kalori dan dapat diolah menjadi berbagai macam variasi makanan seperti bakso tahu, steak tahu, tahu fantasi.

source: https://lh5.googleusercontent.com/proxy/SkippfcGmPHUrVFBfHGAWGVcN9rCvN2i7BIuVdElsm5WNhFc3vD9RSg5PZnAl58ZSH8xF4Vz-k8xo1mpW0EsknMhXv-iW82nbDqlbPKSavtq=w470-h313-nc

Edamame

Masih saudara tahu dan tempe, kedelai Jepang ini juga dikenal sebagai sumber makanan kaya akan protein nabati. Sebagai makanan sehat anak, kedelai jepang cukup mudah diolah, cukup merebusnya dan menambahkan sedikit garam. Dalam 100 gram edamame terkandung 11.4 gram protein. Jumlah yang cukup untuk melengkapi kebutuhan protein harian anak.

source: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQq7WPRyZ_GQLwuOwTQis-KY6UKi32OCXEBuDdBBxVZRpvuP9JGR6PXjOgnXA
baca juga

Kacang-kacangan

Sebut saja kacang tanah, kacang hijau, kacang almond, kacang polong, kacang arab dan kacang merah merupakan sumber protein lengkap yang menjadi favorit anak-anak. Secara umum kacang memiliki serat dan protein yang tinggi. Teksturnya yang renyah menjadi variasi sumber protein lain yang terlalu lunak atau terlalu keras. 

source: https://lh4.googleusercontent.com/proxy/PnpFSkg9DBCrtbmqDksnqdTai1WvpYDxbrkMOZQn9QKnPmk52CZpg55FYhW2kARomFJqEF4VWfPKauWfN8X8s2Pm4Foy25xTNKSj1O5azsEnnP2P5BPIwajh4awJ8R8MzWgmGh75xlk4bHGF6ovOuxVAooj5UQ=w519-h283-nc

Sayuran dan buah tertentu

Sayuran memang tidak memiliki kandungan protein yang sama banyak dengan sumber protein nabati lainnya, tapi sayuran dengan daun hijau gelap memiliki kandungan nutrisi yang hampir menyamai protein. Sebut saja bayam, per 100 gram bayam terkandung 3 gram protein, 2.4 gram serat pangan, vitamin a, vitamin c, kalsium dan zat besi.

Brokoli memiliki kandungan protein cukup banyak dibandingkan sayuran lain. Dalam 100 gram brokoli terkandung 2 gram protein dan nutrisi lainya yang dibutuhkan anak.

Selanjutnya alpukat. Buah  favorit anak-anak yang lezat, padat dan creamy berkat kandungan asam lemak tak jenuh dan proteinnya. Setengah buah alpukat mengandung 2 gram protein. Moms bisa mengolah alpukat dengan berbagai macam cara, atau cukup dikupas dan dimakan lezat. Hmm... si kecil pasti suka!

source: https://lh4.googleusercontent.com/proxy/veOT1-nEw5z0b4YFzIU-uAIYeEU_Q9dmXoAAP0dQt8XazXfEwwRp6o4EUOS4m-dkobc0HKVRslHlurnTx0chSbBYX05knVEKYb11GgOuGXbhXoX0G8uYZK5fGQBu9SiUEFN9Rg=w343-h429-nc
baca juga

Biji-bijian

Selain kacang, biji-bijian menjadi saah satu sumber protein yang renyah dan lezat. Biji-bijian seperti chia sheed, biji bunga matahari, dan quinoa populer sebagai makanan sumber protein.
Cukup 2 sendok makan biji chia, anak bisa mendapatkan 2 gram protein dan 11 serat pangan. Biji chia dapat ditaburkan di atas salad, yogurt, meal atau dijadikan tambahan puding berserat tinggi. 

Quinoa menjadi makanan populer yang kaya gizi. Per 100 gram Quinoa, Moms akan mendapatkan 4 gram protein. 

source: https://lh4.googleusercontent.com/proxy/Hwg2kcuuWXj4mZUkJQHgaHxvFUxrjcW0spglETc6B54Xekb9ZmoiuUT65VOXWo8ixdy-J4vLcQNBiAzQqBMFHbgZtw_el1NQP39iaw=w512-h288-nc
Makanan anak memang harus sehat. Selain protein nabati di atas, anak juga harus diberikan makanan lain untuk melangkapi kebutuhan nutrisinya. Jangan lupakan karbohidrat, kalsium, vitamin, mineral dan tentu saja protein hewani. Selamat menemani anak bertumbuh Moms!