Kurang Tidur di Awal Kelahiran Bayi
 

Saat Si Kecil Baru Lahir, Siapa yang Lebih Kurang Tidur, Nih? Ibu Atau Ayah?
source: https://www.ibupedia.com/

Tidak bisa dipungkiri, semua orang tua pasti akan mengalami fase-fase sulit tidur di malam hari saat bayi baru dilahirkan. Bayi yang bangun sepanjang malam, baik itu karena lapar, popok penuh, atau ingin bermain kerap membuat para orang tua kehilangan waktu tidur malam harinya. Hal ini sangatlah berpengaruh pada perubahan mood dan kurangnya energi untuk beraktivitas di siang hari.
 

Siapa yang Paling Kurang Tidur?
 

Saat Si Kecil Baru Lahir, Siapa yang Lebih Kurang Tidur, Nih? Ibu Atau Ayah?
source: https://www.stuff.co.nz/

ebanyakan orang menganggap bahwa bayi yang rewel di tengah malam akan membutuhkan ibu untuk mengurus keperluannya. Itulah sebabnya, mereka banyak berpikir bahwa ibu adalah pihak yang paling banyak kehilangan waktu tidur di awal kelahiran buah hati. Padahal, para ayah juga mengalami hal yang tidak kalah parah, lho. Apalagi mengingat aktivitas berat di siang hari yang membutuhkan energi dan konsentrasi saat bekerja. 
 

baca juga

Maternity Leave VS Paternity Leave
 

Saat Si Kecil Baru Lahir, Siapa yang Lebih Kurang Tidur, Nih? Ibu Atau Ayah?
source: https://www.bubhub.com.au/

Cuti di awal kelahiran buah hati memang hanya dimiliki oleh ibu. Sedangkan ayah hanya memperoleh beberapa hari cuti saat persalinan dan setelah persalinan. Itulah sebabnya, beban ayah yang harus bekerja dengan kondisi rumah yang belum kondusif kerap membuatnya berada dalam tekanan yang cukup tinggi. Itulah sebabnya para istri sebaiknya juga harus mencoba lebih peka pada kondisi suami.

Namun, tentu istri juga membutuhkan perhatian, apalagi jika ia merupakan ibu rumah tangga yang harus mengurus segala kebutuhan rumah tanggan tanpa bantuan asisten rumah tangga atau pembantu. Tidak ada salahnya untuk mempekerjakan asisten rumah tangga atau mengundang saudara untuk tinggal dan membantu di rumah.

Pentingnya Koordinasi dan Komunikasi
 

Saat Si Kecil Baru Lahir, Siapa yang Lebih Kurang Tidur, Nih? Ibu Atau Ayah?
source: https://www.megfaure.com/

Baik ayah maupun ibu mengalami kondisi kurang tidur yang tidak bisa dibandingkan mana yang lebih parah. Itulah sebabnya keduanya perlu melakukan koordinasi dan komunikasi mengenai kondisi masing-masing. Ada baiknya untuk tidak saling menuntut. Sebaliknya, cobalah untuk saling peka dan memahami kondisi masing-masing. Selanjutnya, komunikasikan dan cari solusi untuk masalah yang kalian hadapi.

Jadi, kurangilah berdebat dan cobalah untuk saling berbicara dari hati ke hati. Kondisi lelah dan kurang tidur memang sangat mudah memicu emosi, mood tidak stabil, dan marah. Tapi, bukan berarti hal ini mewajarkan pasangan menjadi lebih murah ribut, apalagi di awal kelahiran si kecil. Selamat mengasuh si kecil, Moms dan Dads!