Seks dan Keharmonisan
 

source: https://www.parenting.com/


Kehidupan pernikahan tidak terlepas dari hubungan intim antara suami dan istri. Bahkan, bisa dikatakan, seks adalah salah satu kunci keharmonisan dalam hubungan suami istri. Biasanya, di awal pernikahan, intensitas hubungan seks akan sangat tinggi. Namun, lambat laun setelah melewati fase bulan madu biasanya akan terjadi pengurangan frekuensi yang disebabkan oleh banyak faktor. Sayangnya, menurunnya intensitas atau frekuensi hubungan seks ini ternyata dapat berdampak buruk pada keharmonisan. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa pasangan yang jarang melakukan hubungan seks akan cenderung lebih moody, emosional, dan dan pemarah.
 


Frekuensi Ideal Berhubungan Badan
 

source: https://www.crosswalk.com/


Pada dasarnya, kebutuhan seksual hampir serupa dengan kebutuhan pangan seseorang mengingat kebutuhan ini merupakan kebutuhan biologis. Itulah sebabnya setiap orang memiliki tingkatan frekuensi ideal yang berbeda-beda cenderung usia, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, beberapa ahli menyebutkan bahwa setidaknya pasangan suami istri melakukan hubungan seksual secara aktif sebanyak 3-4 kali satu minggu atau sekitar dua hari sekali. Hal ini diperhitungkan dengan mempertimbangkan ritme biologis tubuh manusia mengingat produksi sperma yang akan penuh setiap tiga hari sekali serta kondisi fisiologis istri. 
 

baca juga


Frekuensi Berhubungan Badan Berdasarkan Usia
 

source: https://www.watanserb.com/


Salah satu faktor penting yang memberikan dampak pada intensitas berhubungan badan antara suami istri adalah usia. Semakin bertambahnya usia seseorang, keaktifannya secara seksual memang akan mengalami penurunan. Tapi, bukan berarti tidak sama sekali, ya! 

18-29 Tahun
Di usia muda, pasangan suami istri setidaknya melakukan hubungan seks sebanyak 112 kali dalam setahun.

30-39 Tahun
Selanjutnya, semakin bertambah usia, intensitas berhubungan seks yang turun tetap harus dijaga. Paling tidak kamu dan pasangan melakukannya sebanyak 86 kali dalam setahun.

40-60 Tahun
Nah, memasuki kepala 4, kamu juga harus menjaga intensitas hubungan seks tetap rutin. Setidaknya 69 kali dalam setahun. 

60-75 Tahun ke atas
Terakhir, di usia lansia, pasangan suami istri yang masih sehat dan bugar sebaiknya tetap rutin melakukan hubungan badan setidaknya satu minggu sekali.
 


Manfaat Seks untuk Keharmonisan Dan Kesehatan
 

source: http://dolceviverehome.com.br/


Hubungan badan atau seks sangat baik untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Kamu akan mendapati komunikasi dan relasi yang lebih dekat dan nyaman dengan pasangan jika rutin melakukannya. Selain itu, frekuensi hubungan seksual yang teratur juga bermanfaat bagi kesehatan seperti membuat tubuh lebih fresh, sehat, awet muda, serta ceria. Tidak heran jika pasangan yang memang selalu rutin melakukan hubungan seks akan terlihat tetap fit hingga tua nanti.