0 – 6 bulan

Perkembangan kemampuan bicara bayi sebenarnya sudah bisa mulai diperhatikan sejak ia baru dilahirkan. Pasalnya, kemampuan berbicara sangat erat kaitannya dengan kemampuan mendengar. Jadi, kamu dapat mengamati respon bayi dalam mendengarkan suara. Hal ini penting untuk memastikan ia akan mendapatkan banyak impuls untuk nantinya membuat ia terlatih berbicara juga. Setelah itu, memasuki usia 2-3 bulan, bayi akan mulai mengeluarkan suara-suara vokal seperti "aaa", "ooo", atau "uuu". Dilanjutkan dengan gumaman di usia 4 bulan serta beberapa pengucapakan suku kata seperti "ma-ma", "da-da", "pa-pa", "ba-ba" di usianya yang ke-5 hingga 6 bulan.

Moms Wajib Tahu, Ini Tahap Perkembangan Kemampuan Bicara Bayi Berdasarkan Usianya
source: http://www.somersetyoungparents.org.uk/


 


7 – 12 bulan

Setelah bisa mengucapkan beberapa suku kata, bayi yang memasuki usia 7 bulan juga akan mulai menambah beberapa kemampuannya mengucapkan beberapa huruf konsonan lain. Kamu akan mendengar beberapa ucapan suku kata baru yang keluar dari gumaman si kecil. Kemudian, di usianya yang ke-9 bulan, bayi akan mulai memahami sedikit kata-kata yang diucapkan ibu meskipun belum bisa menirukannya persis. Kamu akan mendapati si kecil paham saat dipanggil, bahkan mengangguk dan menggeleng saat ditanya. Lalu, memasuki usia 1 tahun, bayi biasanya akan mulai bisa mengucapkan kata secara utuh dengan menggabungkan suku kata yang sudah dia bisa ucapkan.
 

Moms Wajib Tahu, Ini Tahap Perkembangan Kemampuan Bicara Bayi Berdasarkan Usianya
source: http://babytalkfestival.ie/


 

baca juga


13-18 bulan

Jika si kecil sudah mulai mengucapkan beberapa kata pertamanya, si kecil akan mulai berusaha untuk mengucapkan banyak kata lain yang ia dengar. Jadi, perbanyaklah berbicara dengan si kecil. Kamu bisa mulai melatihnya dengan memberikan banyak buku bacaan bergambar yang memperkenalkan kata dan bendanya. Bayi bahkan akan mulai mencoba untuk berbicara dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Untuk itu, bantu juga ia dengan memberikan respon sebagaimana kamu berbicara dengan orang dewasa. Dengan begitu, bayi akan semakin belajar dan terlatih.

Moms Wajib Tahu, Ini Tahap Perkembangan Kemampuan Bicara Bayi Berdasarkan Usianya
source: https://www.youtube.com/watch?v=JgT67XYKtDs


 


19-24 Bulan

Terakhir, di usia yang memasuki bulan 19-24, bayi akan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Apalagi jika kamu terbiasa mengajaknya berbicara. Di usia ini ia akan mulai banyak berbicara dengan banyak kosakata yang ia kuasai. Ia bahkan sudah mulai bisa merangkai kata-kata hingga tersusun menjadi kalimat meskipun terkadang masih belum utuh atau belum sempurna. Biasanya, memasuki usia dua tahun, ia akan semakin mahir berbicara dan bercerita. 

Moms Wajib Tahu, Ini Tahap Perkembangan Kemampuan Bicara Bayi Berdasarkan Usianya
source: https://www.babycenter.com/


Nah, itulah beberapa tahapan perkembangan kemampuan bicara bayi yang bisa kamu amati. Jadi, jangan pernah lupa untuk memantau peningkatan kemampuan si kecil dalam berbicara, ya! Terus dampingi dan bantu ia untuk dapat menyerap, memahami, hingga mengucapkan tiap kata dengan baik dan benar.