Alat Makan Bayi dengan BPA

Pada umumnya, penggunaan plastik memang biasa digunakan untuk beragam perlengkapan dan peralatan rumah tangga yang biasa digunakan sehari-hari, tidak terkecuali perlengkapan makan untuk bayi. Kemasan plastik ini memang sangat bisa diandalkan karena tidak mudah pecah dan terkesan ramah untuk anak. Padahal, kamu tetap harus waspada dengan beberapa alat makan berbahan plastik dengan kandungan BPA. Bisphenol A (BPA) merupakan sejenis bahan kimia yang dipakai dalam pembuatan botol plastik. Fungsinya adalah agar alat makan, termasuk botol susu plastik, tidak mudah rusak saat jatuh dan memberikan kesan lebih bersih dan jernih. 

Hati-Hati! Ini Tips Menghindari Paparan BPA Pada Alat Makan Bayi
source: https://www.blibli.com/


 


Bahaya BPA Dalam Alat Makan Bayi

Kandungan BPA dalam alat makan bayi perlu kamu perhatikan dengan serius. Faktanya, menurut US Food and Drug Administration (US FDA), bayi memiliki tubuh yang masih sangat sensitif terhadap paparan BPA. Ini disebabkan sistem saraf serta sistem endokrinnya berada dalam tahap perkembangan. Tidak hanya itu, sistem hepatik yang berfungsi sebagai detoksifikasi dan eliminasi senyawa kimia juga belum sempurna. Tentu hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh si kecil.

Hati-Hati! Ini Tips Menghindari Paparan BPA Pada Alat Makan Bayi
source: http://www.osbb-club.com/


 

baca juga


Cara Menghindari Bahaya Paparan BPA

Agar si kecil tetap aman perlu khawatir dengan paparan bahan kimia dalam alat makannya, kamu dapat melakukan beberapa langkah, seperti di antaranya:

  1. Kurangi pemberian ASI melalui botol susu. Sebaiknya jika memang tidak mendesak, berikanlah ASI secara langsung dari payudara pada bayi.
  2. Selektif dalam memilih alat makan dan botol susu bayi. Hindari alat makan dan botol susu dengan bahan polikarbonat, kamu dapat memilih botol susu dari kaca atau plastik dengan catatan khusus free BPA.
  3. Jangan pakai botol plastik atau alat makan yang tergores. Selain dapat menjadi tempat tumbuh kembang bakteri, goresan ini juga mempermudah pelepasan bahan kimia pada makanan. 
  4. Jangan gunakan botol plastik untuk makanan atau minuman dengan suhu panas atau mendidih.
  5. Hindari memanaskan alat makan dan botol plastik dengan menggunakan microwave.
Hati-Hati! Ini Tips Menghindari Paparan BPA Pada Alat Makan Bayi
source: https://www.bloggerbanua.com/


Nah, itulah beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir paparan bahan kimia BPA pada alat makan anak dan bayi. Semoga bermanfaat, Moms!