Perkembangan Penglihatan Bayi
 

Moms, Berikut Tips Mudah Merangsang Penglihatan Bayi Agar Berkembang dengan Baik
source: http://www.solusisehatku.com/


Kemampuan penglihatan bayi memang belum sempurna saat baru dilahirkan. Akan tetapi, penglihatan si kecil akan mengalami perkembangan sedikit demi sedikit siring bertambah usianya. Jika sudah berkembang, bayi akan mulai bisa menerima rangsangan untuk penglihatan seperti cahaya dan pergerakannya, warna, gambar, serta pola-pola dan motif tertentu. Nah, agar kamu dapat mengoptimalkan perkembangan kerja penglihatan si kecil, kamu perlu memerhatikan beberapa hal saat memberikan stimulasi, seperti misalnya tidak menyorot cahaya pada mata bayi, melainkan menerangi objek yang ingin kamu perlihatkan pada si kecil. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menstimulasi perkembangan penglihatan bayi.
 


Cara Menstimulasi Penglihatan Bayi
 

Moms, Berikut Tips Mudah Merangsang Penglihatan Bayi Agar Berkembang dengan Baik
source: https://www.orami.co.id/


Perkembangan fungsi penglihatan bayi dapat dirangsang dengan melakukan beberapa hal, seperti di antaranya:

  1. Asupan si kecil ketika bayi hanyalah ASI, itulah sebabnya kamu perlu memastikan kandungan gizi yang dikonsumsi ibu benar-benar baik dan dapat memenuhi setiap kebutuhannya. Hal ini dilakukan sejak awal kehamilan dan terus dijaga saat menyusui.

  2. Rutinlah melakukan pemeriksaan dan konsultasi pada tenaga kesehatan sejak kehamilan, pasca persalinan, serta pemeriksaan rutin bayi.

  3. Jaga si kecil dari paparan asap rokok, alkohol, obat-obatan, dan suplemen yang tidak direkomendasikan atau tidak diberikan di bawah pengawasan dokter. 

  4. Sejak baru dilahirkan, ibu punya peran dalam merangsang penglihatan bayi dengan sering melakukan kontak mata, khususnya saat menyusui. Kontak mata inilah yang punya peran besar dalam meningkatkan kemampuan penglihatannya. 

  5. Memasuki usia 2 bulan, mulai berikan stimulasi untuk fungsi penglihatan dengan memberikan buku atau gambar-gambar berwarna. Berikan buku dengan variasi warna cerah dan lembut seperti warna pastel hingga buku dengan warna hitam putih agar si kecil lebih atraktif dan responsif.

     

baca juga


Perkembangan Penglihatan Bayi di 6 Bulan Pertama

Terakhir, agar kamu dapat memastikan perkembangan fungsi penglihatan si kecil di 6 bulan pertamanya, berikut ini adalah daftar kemampuan indera penglihatan bayi di awal kelahiran:

  • Mulai dapat mendeteksi cahaya, gambar, bentuk, dan gerakan, meski mungkin penglihatannya masih terkesan kabur. Di usia 1-2 bulan jarak penglihatan bayi tidak lebih dari 30 cm dan dapat melihat dengan jelas wajah orang yang menggendongnya. 
  • Di usia 2 bulan, bayi sudah bisa memfokuskan kedua matanya serta mengikuti arah gerakan benda dan cahaya.
  • Mengidentifikasi warna juga sudah bisa dilakukan bayi di usia 2-3 bulan. Akan tetapi, ia masih kesulitan dalam membedakan warna yang mirip seperti merah dan orange atau biru dan ungu. 
Moms, Berikut Tips Mudah Merangsang Penglihatan Bayi Agar Berkembang dengan Baik
source: https://www.kompasiana.com/


Itulah beberapa hal seputar perkembangan penglihatan bayi yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, Moms!