Fakta Mie Instan

Mie instan merupakan sajian yang tidak lepas dari gaya hidup praktis masa kini. Sebagai pilihan makanan cepat saji, mie instan sangatlah mudah didapat untuk meredakan rasa lapar dalam waktu yang sangat singkat. Tidak hanya itu, rasa dan aromanya yang khas dan nikmat membuat orang-orang kerap kali memiliki keinginan untuk menyantap mie instan dibandingkan makanan lain.
 

Ibu Hamil Makan Mie Instan, Boleh atau Tidak, Sih?
source: http://beritahati.com/


Akan tetapi, dari sederet kelebihan dari mie instan, ada pula sejumlah dampak buruk yang diberikan mie instan bagi orang-orang yang mengonsumsinya. Tidak hanya berlaku untuk ibu hamil, melainkan juga orang biasa. Faktanya, satu porsi mie instan tidak mempunyai kandungan gizi yang cukup. Bahkan bisa dikatakan sangat minim nutrisi dan jauh dari kategori makanan dengan kandungan gizi seimbang. Kandungan pati dalam mie instan yang dilengkapi oleh vitamin dan mineral ternyata hanya sedikit dengan jumlah yang tidak seberapa. Mie instan ini lebih didominasi oleh garam (natrium) dan monosodium glutamat (MSG) yang jika dikonsumsi berlebihan akan memberikan dampak bahaya, apalagi bagi kesehatan ibu hamil.
 


Tinggi Garam dan Kandungan Vetsin

Tingginya kandungan garam dan vetsin atau MSG membuat mie instan tidak boleh terlalu sering untuk dikonsumsi. Apalagi jika dijadikan sebagai menu atau sajian makanan utama tanpa ada sajian pendamping. Ini penting karena mie instan sangatlah minim nutrisi tanpa adanya protein, vitamin, mineral, dan serat.
 

Ibu Hamil Makan Mie Instan, Boleh atau Tidak, Sih?
source: https://www.care2.com/


Bahayanya, jika dikonsumsi terus menerus, kandungan natrium yang tinggi dapat mengakibatkan terjadinya hipertensi atau darah tinggi. Bahkan, MSG atau vetsin yang juga terkandung dalam mie instan mampu menimbulkan beragam keluhan pada sebagian orang. Keluhan tersebut dapat berupa rasa mual, pusing, ganguan tidur serta gangguan lambung. Akan tetapi, kadar natrium tinggi tidak hanya ada dalam mie instan, jadi kamu juga perlu memeriksa asupan gizi dalam makanan lain, ya!
 

baca juga


Amankah Mengonsumsi Mie Instan Saat Hamil?

Pada dasarnya, mie instan merupakan makanan yang aman untuk dikonsumsi apabila tidak berlebihan. Jika tidak, tentu peredarannya akan dilarang, bukan? Setidaknya, kamu boleh mengonsumsi mie instan setiap dua pekan sekali atau akan lebih baik jika lebih dijarangkan seperti satu bulan sekali. Bukan hanya karena bahaya dari MSG dan natrium yang tinggi, tetapi kandungan gizi yang minim akan membuatmu kehilangan asupan nutrisi tubuh harian yang seharusnya dipenuhi ibu hamil.
 

Ibu Hamil Makan Mie Instan, Boleh atau Tidak, Sih?
source: http://parenting.firstcry.com/


Begitu pula dengan ibu hamil. Kamu boleh saja mengonsumsi mie instan selama dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Ingat, selama hamil kamu harus memenuhi sederet asupan gizi untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Jadi, mie instan tentu perlu kamu kurangi dan menggantinya dengan makanan bergizi lain.
 


Tips Makan Mie Instan Saat Hamil

  1. Kandungan MSG dan garam yang tinggi ada dalam bumbu mie instan. Jadi gunakanlah setengah dari bumbu yang tersedia. Jika rasanya masih kurang, kamu bisa menambahkan bumbu dapur.
  2. Saat makan mie instan, jangan mengonsumsinya ebgitu saja tanpa tambahan lauk dan pendamping. Kamu bisa menyajikan mie instan dengan telur, ayam, daging, ikan, udang, sayuran hijau atau bahkan wortel. Dengan begitu, asupan gizi saat hamil tetap terpenuhi dengan baik. 
  3. Saat memasak mie, gunakan air yang banyak dan buang air rebusan saat mie matang. Sebagai gantinya, gunakan air panas baru untuk disajikan jika kamu memasak mie rebus. Ini dilakukan untuk membuang zat-zat kimia dalam mie kering sehingga konsentrasinya dalam kuah berkurang.
Ibu Hamil Makan Mie Instan, Boleh atau Tidak, Sih?
source: https://www.choice.com.au/


Itulah beberapa hal seputar aturan mengonsumsi mie instan untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui. Ingat, penuhi gizi dan nutrisi untuk kebutuhan tumbuh kembang janin dalam kandungan, ya!