Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Tidak Berjalan dengan Baik
 

source: http://gamat.penyebabpenyakit.net/


Ciri pertama yang dapat kamu amati pada anak kurang gizi adalah terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan anak. Kamu dapat melihat apakah berat badan dan tinggi badan anak sudah sesuai dengan usianya. Pasalnya, nutrisi dan gizi dalam asupan makanan berperan besar dalam tumbuh dan kembang si kecil, khususnya di periode emasnya. Jadi, waspadalah jika anakmu terlihat sangat kurus dan kecil.
 


Nafsu Makan Anak Kurang
 

source: http://terapiotak.com/


Sulit makan memang biasa dialami oleh anak-anak. Akan tetapi, jika nafsu makan anak benar-benar buruk, kamu perlu mewaspadai adanya tanda anak kekurangan gizi. Pasalnya, anak yang mengalami kekurangan gizi tidak memiliki ketertarikan pada makanan karena mereka memiliki sistem pencernaan yang tidak berjalan dengan baik. Selain itu, tubuh anak dengan gizi buruk juga tidak dapat merespon makanan. Dengan kata lain, mereka akan kesulitan untuk makan dan jarang merasa lapar. 
 

baca juga


Tubuh Anak Terlihat Mudah Lelah, Lemah, dan Sering Sakit
 

source: http://www.oneeast.co.id/


Anak yang kekurangan gizi biasanya tidak mempunyai banyak energi untuk digunakan bermain dan bergerak. Mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan duduk. Selain itu, kekurangan vitamin dan mineral juga berpengaruh pada minimnya daya tahan tubuh anak. Itulah sebabnya anak dengan gizi buruk akan mudah sekali sakit.
 


Kulit dan Rambut Terlihat Kering
 

source: http://caramenebalkanrambut.com/


Ciri anak kurang gizi lain yang juga bisa kamu amati dengan mudah adalah kondisi kulit dan rambut yang kering. Biasanya anak yang kurang gizi memiliki kulit yang terlihat seperti pecah-pecah dan cenderung kering. Rambutnya pun juga kering, rapuh dan mudah sekali rontok. Ini diakibatkan karena tubuh yang kekurangan nutrisi vitamin, mineral, dan protein yang berperan dalam menjaga kesegaran dan kesehatan sel kulit dan akar rambut.

 

baca juga


Anak Sulit Berkonsentrasi Saat Belajar Atau Diajak Bicara
 

source: https://sukawu.wordpress.com/


Terakhir, anak yang mengalami kekurangan gizi juga mempunyai daya pikir dan konsentrasi yang rendah. Saat belajar di sekolah anak cenderung mudah mengantuk dan sulit untuk memerhatikan guru yang menerangkan materi pelajaran. Mereka juga akan kurang tanggap dalam berkomunikasi dan berdiskusi. Tentu hal ini sangatlah bertolak belakang dengan karakter anak-anak yang mempunyai banyak rasa ingin tahu dan lincah.