Perbaiki Asupan Nutrisi Si Kecil

 

source: https://www.piah.com/


Langkah pertama untuk penanganan anak dengan kondisi kekurangan gizi adalah dengan memberikan asupan makanan yang mengandung nutrisi dan gizi. Hal ini penting untuk memastikan segala kebutuhan tubuh untuk tumbuh dan kembangnya terpenuhi dengan cukup dan baik. Selalu pastikan kamu memberikan asupan menu makanan sehat lengkap dengan kandungan karbohidrat, protein, vitamin, serta mineral.  
 


Lakukan Pemeriksaan dan Konsultasi Kesehatan 
 

source: https://bayionline.net/


Jangan lupa pula untuk rutin melakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan si kecil pada Posyandu atau Puskesmas terdekat. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui kondisi si kecil serta mendapatkan informasi seputar asupan gizi serta makanan apa saja yang seharusnya kamu berikan pada si kecil. Kamu juga dapat mengikuti konseling seputar pemberian ASI, MPASI, dan PMT. 

baca juga

Lakukan Pengobatan Ke Dokter Ahli Gizi

 

source: https://rsjsoerojo.co.id/


Apabila dalam kurun waktu dua bulan kamu tidak mendapatkan anakmu mengalami kenaikan berat badan, segeralah lakukan konsultasi pada dokter ahli gizi. Hal ini penting untuk segera mengidentifikasi penyebab lain dari kondisi kekurangan gizi yang terjadi pada anakmu. Contohnya saja, kondisi infeksi dan permasalahan pencernaan. Dengan begitu, anakmu akan segera mendapatkan perawatan khusus dan pemberian obat untuk pemulihan.
 


Minimalisir Pola dan Kebiasaan Buruk Anak

 

source: https://www.hellosehat.com/


Tidak bisa dipungkiri, anak juga mempunyai kebiasaan buruk untuk urusan makanan. Anak yang terbiasa diberikan banyak uang saku untuk jajan akan cenderung menghabiskan cemilan tanpa gizi dibandingkan dengan menghabiskan makanan pokok yang sudah kamu siapkan. Selain itu, biasakan akan untuk makan bersama sehingga bisa membuatnya lebih bersemangat dan menikmati makanan. 

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk penanganan anak kurang gizi. Semoga bermanfaat, Moms!