Apakah Bayi Menangis di Dalam Kandungan?
 

Bayi Bisa Menangis di Dalam Kandungan, Benarkah?
source: https://www.babycenter.com/


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Durham University dan Lancaster University, terungkap fakta baru bahwa bayi yang baru lahir telah dapat mengembangkan cara berkomunikasi sejak dalam kandungan. Cara berkomunikasi yang dimaksud adalah menangis.
 


Tangisan Bayi di Dalam Kandungan
 

Bayi Bisa Menangis di Dalam Kandungan, Benarkah?
source: https://www.quora.com/


Penelitian ini menggunakan alat ultrasound untuk mendeteksi tanda-tanda bayi yang menangis dalam kandungan. Hasilnya, para peneliti menemukan ekspresi wajah meringis janin. Bahkan, bayi dalam kandungan juga memperlihatkan gerak alis yang berkerut menandakan ekspresi bersedih. Dengan menggunakan scan video 4D, para peneliti mengamati delapan bayi perempuan dan tujuh bayi laki-laki di dalam kandungan.
 

baca juga


Apakah Itu Tandanya Bayi Merasa Sedih?
 

Bayi Bisa Menangis di Dalam Kandungan, Benarkah?
source: https://www.quora.com/


Dalam penelitian yang menghasilkan ekspresi sedih dan meringis bayi dalam kandungan ini, para peneliti berasumsi bahwa tangisan bayi dalam kandungan bukanlah bentuk perasaan sedih. Sebaliknya, ini merupakan kerja dari pertumbuhan dan perkembangan otak yang berfungsi memberikan impuls, Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini.
 


Pentingnya Komunikasi Ibu dan Janin
 

Bayi Bisa Menangis di Dalam Kandungan, Benarkah?
source: https://www.verywellfamily.com/


Kemungkinan indikasi hubungan antara tangisan dalam kandungan dengan kesedihan masih ada. Untuk itu, pentingnya memulai komunikasi antara ibu dan bayi dalam kandungan harus semakin diperhatikan. Tidak ada salahnya untuk mulai sering berbicara pada bayi karena faktanya mereka memang sudah dapat mendengar suara dari sang ibu sejak berusia 18 minggu di dalam kandungan. Lakukan juga permainan dengan memberikan sentuhan, usapan, atau tepukan lembut pada bayi untuk merespon tiap geraknya. Serta, berikan fasilitas berupa pemutaran musik klasik sehingga dapat mempertajam tumbuh kembang otak dan indera lain pada si kecil.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tangisan bayi di dalam kandungan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengoptimalkan peranmu sebagai orang tua meskipun si kecil masih dalam kandungan, ya!