Atur Perlengkapan Kerja Agar Tetap Nyaman

Perubahan hormon dan fisik selama hamil, menjadikan seorang wanita mengalami kelelahan. Oleh sebab itu, perhatikan posisi perlengkapan kerjamu. Jika kamu bekerja di belakang meja dalam rentang waktu yang lama, usahakan agar komputer atau laptop mempunyai jarak yang nyaman untuk dilihat. Demikian halnya juga dengan kursi kerja. Sesuaikan dengan berat tubuhmu, karena selama hamil, tentu beratmu akan semakin bertambah secara teratur. Duduk yang tidak nyaman akan menyebabkan rasa nyeri pada pinggang dan perut.

Hindari duduk dalam rentang waktu yang panjang. Berdirilah secara berkala walaupun hanya sekedar melemaskan otot di kaki dan tangan. Jangan lupa sediakan sandaran kaki karena selama masa kehamilan kaki akan cepat lelah dan membesar. Dengan posisi duduk yang nyaman, maka kamupun akan bekerja dengan lebih santai.

source: http://www.klikdokter.com


 

baca juga

Gunakan Sepatu yang Nyaman Saat ke Kantor

Sepatu dengan hak tinggi memang terlihat stylish. Namun jangan kamu kenakan saat hamil ya, ladies. Sepatu model ini sangat berbahaya. Risiko jatuh tentu akan lebih besar dibanding kamu menggunakan sepatu flat. Jika terjatuh, tentu ini akan mengganggu proses pertumbuhan sang bayi, termasuk keguguran dan cacat fisik. Selain itu, sepatu dengan hak tinggi tidak baik bagi kesehatan wanita hamil. Jika kamu menggunakan sepatu hak tinggi, perenggangan otot-otot di daerah pinggang akan terganggu. Sebab itu disarankan menggunakan sepatu model flat. Di pasaran banyak dijual sepatu model flat dengan beragam model dan warna, yang dapat kamu beli sesuai selera dan kebutuhanmu.

source: http://mimipipi.net


 

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Ketika hamil, banyak hal perlu disesuaikan termasuk dengan busana kerja yang kamu kenakan. Berat badan yang bertambah akan membuat tubuhmu tidak nyaman mengenakan pakaian kerja yang biasa kamu kenakan. Sebab itu, pakailah pakaian yang longgar agar kamu dapat lebih leluasa bergerak. Utamakan kenyamanan dalam memilih baju hamil. Sesuaikan dengan seleramu juga.

Selama hamil, metabolisme akan lebih tinggi daripada biasanya. Kamu akan lebih mudah merasa gerah dan berkeringat. Sebab itu, pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik seperti bahan dari katun. Jika kamu ingin mengenakan celana panjang, kenakan yang berbahan nyaman dan elastis untuk menyangga bagian perut. Demikian juga dengan bra, pilihlah bra dua nomor lebih besar daripada biasanya, karena lingkar dada akan membesar sekitar 8-10 cm. Bra yang baik harus dapat menahan payudara tanpa menekan puting. Pilihlah tali bra yang lebar dan elastis agar bahumu tidak terlalu sakit.

source: http://bajubbaruu.blogspot.com


 

baca juga

Hindari Stress

Suasana hati dan emosi seorang wanita hamil lebih sensitif dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Walaupun merupakan hal yang wajar, namun ada baiknya kamu menghindari stres yang berkepanjangan, terutama dalam menghadapi setumpuk pekerjaan. Terimalah bantuan dari rekan kerja, karena biasanya ada beberapa rekan kerja yang bersedia membantu pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaanmu. Janganlah terpancing dengan emosi yang ada di lingkunganmu karena emosi ini akan memicu stres, yang akan berpengaruh pada janin tentunya. Lebih baik menikmati pekerjaan dengan positive thinking. Kerja nyaman, kamupun merasa happy dan tentu sang bayi pun ikut merasakannya.

source: http://3.bp.blogspot.com


 

Lakukan Olahraga Ringan

Walaupun sedang hamil, bukan berarti tidak boleh berolahraga. Terlebih saat bekerja seharian di kantor, tentu tubuhmu akan lebih cepat lelah dan kram. Saat kamu sudah mulai merasakan kaku atau pegal di beberapa bagian tubuh, tak ada salahnya kamu bergerak sebentar. Keluarlah dari kursimu dan gerakkan seluruh jarimu agar terasa lebih lentur. Demikian juga halnya dengan tangan dan kaki. Lakukan perenggangan untuk melemaskan otot-otot yang kaku serta melancarkan peredaran darah. Untuk menghindari nyeri di punggung setelah duduk lama, sebaiknya berjalanlah di sekitar ruangan setia satu jam sekali. Kerja saat hamil memang melelahkan, tapi buatlah suasana menjadi nyaman.

source: http://www.curhatbidan.com


 

Asupan Makanan yang Cukup

Gizi dan nutrisi yang baik tentu dibutuhkan selama masa kehamilan. Terlebih wanita yang kerja saat hamil, tentu membutuhkan asupan makanan terbaik. Sebab itu luangkan waktu di pagi hari untuk sarapan. Sarapan akan membantumu lebih kuat dan berenergi sampai siang hari. Sarapanlah dengan makanan yang bergizi seperti telur, oatmeal, roti gandum, susu non fat atau jus buah. Bawalah camilan yang sehat seperti biksuit, kacang-kacangan, buah-buahan kering atau buah segar dengan pemanis alami. Jika kamu sempat kamu dapat membawa bekal dari rumah. Bekal yang kamu sudah siapkan tentu lebih higenis dan sesuai kebutuhan serta seleramu. Namun, kamu juga dapat membeli makan siang diluar dengan memperhatikan gizi yang sehat dan kebersihan tentunya.

source: http://ciricara.com