Kandungan Gizi dalam Ikan Salmon

Sebelum menyimak resep membuat salmon saus alpukat, kamu perlu menyimak dulu ulasan mengenai beberapa kandungan gizi yang ada di dalam ikan salmon berikut ini:

Omega 3

Omega 3 merupakan asupan nutrisi penting yang berperan dalam perkembangan kecerdasan anak. Itulah sebabnya, ikan salmon yang mempunyai kandungan omega 3 tinggi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan balita.

Asam Amino

Asam amino dalam kandungan ikan salmon juga penting untuk tumbuh kembang anak. Hal ini disebabkan nutrisi ini berpengaruh pada kerja otak dan perkembangannya.

Vitamin A

Vitamin A yang terkandung di dalam ikan salmon juga sangat baik untuk mengoptimalkan sistem iman tubuh si kecil. Dengan rajin mengonsumsi ikan salmon, si kecil akan menjadi tidak mudah sakit. 

Vitamin D

Nah, kalau vitamin D yang terkandung pada ikan salmon mempunyai manfaat pada kondisi kesehatan tulang. Dengan begitu, tumbu kembang serta kemampuan gerak motoriknya akan semakin baik.

source: http://www.myrecipes.com/


Selain itu, masih ada banyak lagi nutrisi dari ikan salmon seperti Vitamin B6 yang mempengaruhi energi dan E yang penting untuk kulit dan perkembangan syaraf.
 

Resep Salmon Saus Alpukat

Bahan:

  • 4 bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 500 gram ikan salmon, fillet
  • 2 bh alpukat, ambil dagingnya
  • bawang bombai merah, cincang tipis
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 sdm daun ketumbar, cincang
source: https://www.chefsteps.com/


 

baca juga

Cara Membuat :

  1. Campurkan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, garam, dan merica pada satu wadah. Aduk hingga merata.
  2. Siapkan potongan salmon, balurkan dagingnya dengan campuran bumbu hingga rata. Biarkan bumbu meresap dengan mendiamkannya di dalam kulkas selama 30 menit. 
  3. Sambil menunggu, buatlah saus alpukat dengan mengeruk daging alpukat. Kemudian haluskan dengan garpu. Saus alpukat: keruk alpukat, lumatkan kasar-kasar dengan garpu. Jika sudah halus, masukkan dalam wadah dan tambahkan bawang bombai merah, 1 sdm air jeruk nipis, 1 sdm minyak zaitun, dan 1 sdm daun ketumbar. Aduk merata.
  4. Keluarkan daging salmon dari kulkas. Kemudian, mulailah panaskan wajan pemanggang. Masukkan daging ikan salmon, dan bakar hingga sisi pertama matang. Jika sudah, balik pada sisi lainnya agar matang juga.
  5. Sajikan daging salmon panggang dengan saus alpukat yang sudah kamu siapkan.
source: https://www.merries.co.id/

Nah, itulah resep salmon saus alpukat yang bisa kamu coba di rumah. Kamu dapat membuatnya sebagai menu sajian spesial anak di akhir pekan. Selamat mencoba, ya!