1. Easy Pose (Sukhasana)

Easy pose adalah posisi hip opening yang paling mudah dan bisa dilakukan kapan saja, namun tidak semua orang bisa melakukannya. kamu bisa melakukan Easy pose setiap kali memulai dan sebelum mengakhiri latihan yoga. Easy pose yang bermanfaat untuk melatih otot panggul lebih terbuka ini disertai dengan latihan pernapasan untuk menyelaraskan pikiran dan tubuh. Selain itu manfaat lainnya agar tulang punggung (spine) memanjang, membuka area dada dan menghilangkan rasa lelah atau khawatir saat kehamilan dan menjelang kelahiran.

source: http://dbagus.com


 

2. Child Pose (Balasana)

Bagi ibu hamil, biasanya sering merasa lelah. Oleh karena itu, perlu adanya relaksasi untuk lebih membuat badan rileks dan tenang dengan melakukan yoga saat hamil yang gerakan-gerakannya memang khusus untuk ibu hamil. Salah satunya adalah balasana yang bermanfaat untuk membuka area panggul dan paha dalam serta meregangkan tulang sacrum. Posisi balasana ini adalah posisi yang sangat baik untuk rehat sejenak di sela-sela latihan yoga yang dinamis. Ketika kamu melakukan posisi ini, tarik napas dalam-dalam dan kendurkan otot-otot di wajah kamu.

source: http://www.alodokter.com


 

baca juga

3. Butterfly Pose atau Cobbler’s Pose (Baddha Konasana)

Posisi yoga saat hamil berikutnya disebut baddha konasana, yaitu posisi yang bermanfaat untuk membuka area panggul sekaligus merelaksasi tubuh dan pikiran. Selain itu, posisi ini dapat membantu mengarahkan bayi kamu untuk turun menuju area pelvis guna mempersiapkan proses kelahiran. Kamu cukup duduk dengan kedua kaki melipat ke depan dan arahkan kaki sedekat mungkin ke pelvic atau panggul, selanjutnya silahkan tekan lutut sedekat mungkin ke lantai perlahan sesuai kenyamanan tubuh kamu

source: https://yogagoddess.ca


 

4. Wide Angle Seated Forward Bend (Upavistha Konasana)

Upavistha Konasana sangat baik untuk membuka panggul dan tulang sacrum serta menghilangkan perasaan-perasaan tegang pada tulang punggung, pinggang bawah dan paha dalam. Manfaat lainnya yang didapat adalah meningkatkan asupan oksigen pada plasenta.

source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

5. Cresent Lunge (Anjaneyasana)

Yoga saat hamil mungkin gerakannya tidak terlalu dinamis seperti saat kamu tidak hamil. Lakukan posisi ini secara rutin karena posisi ini cukup powerful dan bermanfaat untuk membuka panggul serta mempersiapkan panggul untuk kelahiran bayi, mengarahkan bayi ke area pelvis dan membantu pembukaan bila dilakukan saat kontraksi terjadi.

source: https://yoganewsletters.wordpress.com


 

6. Half Pigeon Pose

Half Pigeon Pose selain bermanfaat untuk menghilangkan nyeri akibat sciatica. Posisi ini baik untuk membuka panggul, mempersiapkan panggul untuk kelahiran bayi, membantu mengarahkan bayi ke area pelvis dan membantu pembukaan ketika kontraksi.

source: https://id.pinterest.com


 

7. Squat Pose (Malasana)

Sama dengan posisi yoga saat hamil sebelumnya, malasana juga berfungsi untuk membuka area panggul dan menguatkan kaki, mengurangi sakit pinggang, membantu mengurangi rasa lelah, membantu pembukaan bila dilakukan saat kontraksi, menghilangkan ketegangan pada tulang punggung, bahu dan leher serta mengurangi atau meningkatkan asupan oksigen pada plasenta. Saat melakukan posisi ini telapak kaki harus tetap lurus menjejak lantai, tidak boleh berjinjit dan lutut juga harus dibuka lebar agar bagian perut tidak tertekuk.

source: https://id.pinterest.com


 

8. Happy Baby Pose (Ananda Balasana)

Happy Baby Pose, diberi nama demikian karena posisi ini bisa membuat hati kamu senang karena ada elemen playfull saat melakukannya. Manfaat dari posisi ini untuk menghilangkan rasa mual atau pusing, membuat rileks, membantu meregangkan otot panggul dan menghilangkan kram di area uterus.

source: https://id.pinterest.com


 

9. Cat and Cow Pose

Cat and Cow Pose dapat menguatkan otot pinggul dan perut, membuat janin memiliki beberapa pergerakan di dalam tubuh dan membantu melancarkan persalinan. Posisi ini juga manjur untuk mengusir pegal dan sakit pada punggung yang biasa dialami ibu hamil karena dapat memperlancar sirkulasi darah. 


 

 

source: http://www.bintang.com