1. Siapkan tempat tidur bayi 
Jika Moms terbiasa tidur seranjang dengan si kecil, hal tersebut bisa jadi tidak sama saat Moms menginap di hotel. Untuk menghindari risiko sprei yang kurang bersih, selimut yang berdebu, dan berbagai ketidaknyamanan lainnya dari ranjang di kamar hotel, sebaiknya Moms membawa tempat tidur bayi khusus untuk traveling. Umumnya tempat tidur bayi khusus untuk traveling ini berukuran ringkas, bisa dilipat, serta mudah digunakan.
 

source: https://i2.wp.com/freshmommyblog.com/wp-content/uploads/2016/10/Travel-simple-12.jpg?resize=800%2C533&ssl=1

2. Hubungi Pihak Hotel
Ketika Moms sudah membuat daftar pendek kamar hotel mana saja yang diincar, segera hubungi pihak hotel-hotel tersebut. Berikan info kepada pihak hotel bahwa Moms membawa bayi berusia sekian yang membutuhkan ruang untuk meletakkan tempat tidur bayi. Tanyakan secara rinci susunan interior dalam kamar, serta keadaan kamar mandi dan wastafelnya. Cari tahu pula tingkat kebisingan kamar yang akan Moms tempati. Hindari kamar yang terletak di dekat lift, tangga, lobby, taman bermain anak, dan restoran.
 

source: http://en.shibaparkhotel.com/wp-content/uploads/sites/86/2015/01/Shiba-Park-Hotel-Twin-Room-with-Baby-Bed-Tokyo1-1300x1000.jpg
baca juga

3. Bawa popok lebih
Popok, diaper, atau clody merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi bayi. Jangan berspekulasi bahwa popok yang Moms bawa jumlahnya pasti cukup selama menginap. Karena satu dan lain hal, bisa saja tiba-tiba frekuensi buang air kecil serta besar bayi meningkat dari biasanya. Bawalah popok, diaper, atau clodi dengan jumlah yang dilebihkan agar Moms tak perlu repot mencari toko di sekitar hotel yang menjual keperluan bayi.
 

source: https://www.twiniversity.com/wp-content/uploads/Untitled-design-648.jpg

4. Bawa kantong plastik
Kantong plastik bisa menjadi penyelamat untuk segala kekacauan. Bukan hanya untuk tempat menampung diaper kotor, kantong plastik juga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai pakaian kotor si kecil. Jika bisa, gunakanlah kantong plastik yang bahannya tidak berisik saat digunakan. Dengan demikian, si kecil tidak akan terganggu tidurnya saat Moms membereskan sesuatu dengan menggunakan kantong plastik tersebut.
 

source: https://www.radionz.co.nz/assets/news_crops/19723/eight_col_original_34103815_m.jpg?1477193713
baca juga

5. Cari Tahu Informasi Darurat
Untuk berjaga-jaga jika ada keadaan darurat, misalnya si kecil tiba-tiba sakit, sebaiknya Moms mencari tahu tentang letak rumah sakit, klinik, dan dokter anak di sekitar hotel tempat Moms akan menginap. Catat alamat lengkap dan nomor teleponnya di tempat yang mudah Moms raih saat keadaan darurat. Sejumlah hotel juga menyediakan layanan medis untuk para tamunya. Tanyakan pula hal ini pada pihak hotel, tentunya juga dengan menginformasikan bahwa Moms bisa saja membutuhkan layanan medis darurat untuk bayi.
 

source: https://vignette.wikia.nocookie.net/zombie/images/1/18/Hospital.jpg/revision/latest?cb=20160329114824

Jika semua hal tersebut di atas sudah Moms lakukan, maka Moms siap untuk menginap di kamar hotel bersama si kecil. Selamat liburan ya, Moms!