Bayi yang Baru Lahir
Bayi yang baru lahir akan mengeluarkan BAB berwarna kehitaman. Moms tidak perlu panik karena ini merupakan hal yang normal. BAB pada bayi baru lahir tersebut dinamakan mekonium, yang mengandung seluruh unsur yang masuk dalam tubuh bayi saat berada dalam kandungan. Jika mekonium tak juga muncul hingga 48 jam setelah kelahirannya, Moms perlu segera memberitahukannya pada dokter. Begitu pula jika mekonium terus muncul hingga lebih dari 72 jam setelah kelahirannya.
 

source: https://www.babycenter.com/ims/2015/01/iStock_9693694_4x3.jpg

Bayi yang Hanya Mengonsumsi ASI
Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif warnanya kuning yang tercampur sedikit kehijauan. Ini merupakan hal yang sangat baik, di mana ASI mengandung seluruh nutrisi yang diperlukan bayi. Tekstur BAB bayi yang hanya mengonsumsi ASI cenderung cair mirip diare. 
 

source: https://www.livingandloving.co.za/wp-content/uploads/2017/09/Baby-poo-pee-and-spit-ups.jpg
baca juga

Bayi yang Mengonsumsi Susu Formula
Karena satu dan lain hal, seringkali bayi mendapatkan asupan ASI diselingi susu formula, atau hanya mengasup susu formula. Hal ini membuat BAB-nya menjadi berwarna kuning, hijau, dan coklat. Selama teksturnya menyerupai selai kacang, tidak terlalu cair atau padat, Moms tidak perlu khawatir. 
 

source: https://images.ctfassets.net/6m9bd13t776q/67Bd3jfaE0KwugESGAeQsA/c8157799655ad44935cf71a19aa7298b/baby-poop-changes-diaper-2160x1200.jpg?q=75

Bayi yang Mengalami Wasir
Tak hanya pada orang dewasa, bayi juga bisa mengalami wasir. Umumnya, bayi yang mengalami wasir akan mengeluarkan BAB berwarna merah. Begitu pula dengan bayi yang mengalami infeksi bakteri.
 

source: https://www.babycenter.com/ims/2015/02/iStock_000041208010XLarge_4x3.jpg
baca juga

Bayi yang Mengalami Dehidrasi
Seringkali Moms ragu akan cukup atau tidaknya asupan ASI yang diberikan pada bayi. Cek dari warna BAB-nya. Jika berwarna coklat dan bertekstur keras, maka menunjukkan bayi kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. 
 

source: https://images.parents.mdpcdn.com/sites/parents.com/files/styles/scale_1500_1500/public/changing-baby-diaper.jpg

Bayi yang Mengalami Penumpukan Gas
Jika bayi rewel terus-menerus, bisa saja ia sedang mengalami kembung yang disebabkan penumpukan gas dalam perutnya. Hal ini disebabkan karena mengasup susu atau ASI yang mengandung sedikit lemak namun banyak kandungan gulanya. Moms bisa mengetahui dari warna BAB-nya yang berwarna hijau. 
 

source: https://www.sittercity.com/wp-content/uploads/2015/03/infant-constipation.jpeg

Bayi yang Mengalami Penyakit Langka
Terdapat suatu penyakit langka yang dapat menjangkiti bayi, bernama atresia bilier, yakni penyakit langka dimana terdapat penyumbatan saluran yang membawa empedu dari organ hati ke kantong empedu. Penyakit ini membuat BAB nayi berwarna putih atau berwarna menyerupai dempul.
 

source: https://www.tesco-baby.com/content/uploads/2013/10/AM_b_cha_Poo-gallery_WP.jpg