Kacang Hijau

Bubur kacang hijau adalah makanan yang lezat dan menyehatkan untuk wanita hamil, terutama saat hamil muda. Konsumsilah bubur kacang hijau sebelum makan malam tiba, sebagai pengganjal perut. Kacang hijau sangat bermanfaat karena mengandung :

  • Asam folat yang dapat berperan dalam produksi sel darah merah dan membantu tabung syaraf si kecil berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang dengan sempurna.
  • Zat besi yang berguna untuk pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin
  • Vitamin B1, dimana vitamin ini mengubah karbohidrat yang berperan melancarkan otot-otot, sistem syaraf dan jantung bayi, agar dapat bekerja dengan baik
Dengan semangkuk bubur kacang hijau, kamu dapat membantu sang bayi terbentuk dengan sempurna.
source: https://www.wartasolo.com


 

Salad

Salad dapat dibuat berbagai variasi menjadi salad buah atau salad sayuran. Rasanya yang menyegarkan dapat membantu mengatasi rasa mual pada kehamilan dengan usia tiga bulan pertama. Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kandungan serta membantu memberikan nutrisi yang baik pada janin. Buah dan sayur yang mengandung serat tinggi ini berguna sebagai makanan untuk tumbuh kembang bayi. Pilihlah buah-buahan  dan sayuran yang segar dan segera racik menjadi salad yang menyehatkan.

source: https://sehatpost.com


 

baca juga

Buah-Buahan Kering

Jika kamu bosan dengan buah-buahan segar, tak ada salahnya jika camilanmu berupa buah-buahan kering. Aprikot, kismis, cranberry dan kurma mengandung banyak kalium, zat besi, kalsium dan magnesium. Manfaat buah-buahan kering antara lain:

  • Mencegah gusi bengkak, karena pada beberapa wanita di awal kehamilan akan mengalami masalah pada gigi dan gusi. Buah-buahan kering yang mengandung asam linoleat ini tentu bermanfaat mencegah gigi dan gusi yang bengkak
  • Mencegah anemia, dimana wanita pada kehamilan awal akan mengalami perubahan emosi dan fisik seperti kelelahan dan kurang darah
  • Memberikan energi tambahan untuk tetap aktif dan mendukung pertumbuhan bayi
source: https://www.merdeka.com


 

Kacang-Kacangan

Kacang merupakan camilan ibu hamil yang sehat, terutama untuk usia kandungan muda. Kacang yang terdiri dai vitamin B dan vitamin E ini juga mengandung fosfor, kalium, seng, selenium dan tembaga yang berguna untuk perkembangan janin. Kacang juga merupakan sumber lemak yang baik, sehingga sang ibu tak perlu takut mengkonsumsi kacang. Kacang almond, kacang mete, kacang polong dan kacang kenari adalah camilan sehat yang disarankan. Sebagai variasi, kamu juga dapat membuat sup kacang yang lezat.

Manfaat kacang pada kehamilan usia awal adalah mencegah peradangan dan mengurangi rasa nyeri terutama pada bagian pinggang dan punggung. Manfaat kacang-kacangan adalah untuk mencegah anemia dan memperkuat daya tahan tubuh, dimana pada awal kehamilan daya tahan tubuh seringkali tidak stabil. Sedangkan untuk sang bayi manfaatnya adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi dan mengoptimalkan perkembangan organ-organ tubuh bayi
source: http://www.katalogibu.com


 

baca juga

Sereal

Walaupun terkesan seperti sarapan, tetapi sereal mengandung banyak nutrisi terbaik untuk usia awal kandungan. Sebaiknya ibu hamil tidak memilih sereal dengan tambahan gula, karena gula yang berlebih tidak baik bagi kesehatan selama kehamilan. Lebih baik menggunakan pemanis dari buah-buahan. Sereal yang terbuat gandum, sangat kaya akan serat dan baik untuk pertumbuhan otak sang bayi. Tambahkan buah-buahan yang segar dan menyehatkan seperti irisan strawbery, irisan pisang dan bluberry. Sereal dengan tambahan buah asli akan mempunyai rasa kesegaran tersendiri dan tentu ibu lebih lebih bersemangat mengkonsumsinya. Rasa mualpun akan hilang dengan menikmati sereal ini.

source: http://www.tipskeluarga.net