Sebelum berlanjut pada deretan makanan yang mengandung asam folat, Moms perlu mengetahui jumlah asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Anak-anak membutuhkan sekitar 100-150 mcg asam folat setiap harinya. Sedangkan, dalam satu hari, remaja dan orang dewasa membutuhkan sekitar 150-350 mcg asam folat. Tenang saja Moms, makanan yang mengandung asam folat sangat mudah ditemukan kok. Apa saja? Inilah 5 makanan yang mengandung asam folat yang perlu ibu hamil konsumsi!


Kol atau Kubis

Kol atau kubis memiliki kandungan asam folat yang tinggi lho. Dalam 100 gram kol atau kubis, terdapat 97 mcg asam folat yang hampir memenuhi dosis asam folat untuk anak-anak ataupun memenuhi hampir 50% dosis asam folat harian bagi remaja dan orang dewasa.
 

source: https://www.thespruce.com

Pepaya

Selanjutnya, ada pepaya, si buah manis yang menjadi solusi buang air besar yang tidak lancar karena tinggi akan serat. Namun, khasiat pepaya tak hanya itu lho. Dengan mengonsumsi 1 buah pepaya ukuran sedang, Moms telah menyerap 115 mcg asam folat. Yup, itulah si pepaya, buah yang manis, mengenyangkan, dan pastinya sehat bagi tubuh kamu!

source: https://www.slguardian.org
baca juga

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga mengandung asam folat yang tinggi lho. Moms akan menemukan 115 mcg asam folat pada setengah cangkir kacang merah. Sedangkan, dalam ½ cup buncis, terkandung 141 mcg asam folat yang dapat kamu serap untuk kesehatan tubuh kamu. 
 

source: https://www.rodalesorganiclife.com

Biji Bunga Matahari

Ya, biji bunga matahari yang enak banget buat dijadikan cemilan ternyata mengandung asam folat yang tinggi lho, bahkan termasuk salah satu sumbernya. Satu cup biji bunga matahari atau kuaci mengandung 152 mcg asam folat.

source: http://www.stylecraze.com
baca juga

Pisang

Selain pepaya, ada pula buah pisang yang mengandung asam folat meskipun bukan sebagai sumber utama.  Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 24 mcg asam folat. JJadi, makan beberapa pisang atau mengkombinasikannya dengan makanan yang kaya akan asam folat lainnya, untuk memenuhi kebutuhan harianmu, Moms. Tapi ingat, pisang tak hanya mengandung asam folat, tetapi juga mineral lainnya seperti kalium, kalsium dan magnesium.

source: http://www.runnersworld.com

Artikel dari: http://beautynesia.id/14165