1. Mulai Menyusui Sejak Bayi Lahir

Menyusui bayi segera setelah lahir dan berlanjut setidaknya 8 sampai 12 kali setiap 24 jam akan membantu meningkatkan pasokan ASI. Semakin sering kamu menyusui, maka semakin banyak ASI yang akan kamu hasilkan. 
 
1. Mulai Menyusui Sejak Bayi Lahir
source: https://www.motherrisingbirth.com

 

2. Pompa ASI

Apabila Moms tidak bisa menyusui bayi kembar langsung pada payudara, maka jangan berdiam saja. Cobalah untuk menjaga suplai ASI dengan memompanya. Memompa ASI akan membantu meningkatkan pasokan ASI. Saat memompa ASI, sebaiknya gunakan pompa elektrik ganda, agar bisa memompa ASI dua kedua bagian payudara secara bersamaan.
Selain itu, penting bagi Moms memompa 8-10 kali sehari. Memompalah pada waktu yang sama setiap hari. Moms bisa menggunakan aturan ini: Pompa 20-30 menit, istirahat selama 10 menit, pompa lagi selama 10 menit dan pompa lagi selama 10 menit.

 
2. Pompa ASI
source: http://electricbreastpumpwomen.com

 
baca juga

3. Gunakan Kedua Payudara Secara Bergantian

Saat menyusui bayi kembar, manfaatkanlah kedua payudara. Jangan hanya menggunakan satu bagian saja. Saat menyusui bayi pertama, gunakan payudara secara bergantian. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan produksi ASI setiap kalau menyusui. Selain itu, bayi bisa mencoba gaya menyusu yang berbeda. Mengunakan payudara secara bergantian juga akan memberi pandangan berbeda pada bayi dan merangsang indra penglihatannya. 

Misalnya, hari ini Moms menggunakan payudara bagian kiri untuk bayi pertama, hari berikutnya susui dengan payudara kanan. Sementara untuk bayi kedua lakukan sebaliknya. 
 
3. Gunakan Kedua Payudara Secara Bergantian
source: https://twinsandmore.co.nz

 

4. Mengonsumi Asupan untuk Memperbanyak ASI

Untuk mendukung produksi ASI berlimpah dan cukup bagi bayi kembar, maka Moms perlu mengonsumsi makanan yang terbukti bisa memperbanyak produksi ASI. Beberapa di antaranya seperti pepaya, daun katuk, havermouth, wortel dan bayam. 
 
4. Mengonsumi Asupan untuk Memperbanyak ASI
source: http://www.momjunction.com

Nah, itu dia beberap tips untuk menjaga produksi ASI tetap stabil saat menyusui bayi kembar. Semoga berhasil ya, Moms!