1. Malaria

Malaria sejauh ini merupakan virus paling dahsyat yang disebarkan oleh nyamuk. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan bahwa ratusan ribu orang meninggal karena malaria. Korbannya, sebagian besar di Afrika dan Asia. Gejala utama penyakit malaria adalah demam, menggigil kedinginan, nyeri otot, kelelahan, sakit kepala dan mual. Gejala biasanya terjadi dalam 10-28 hari setelah digigit nyamuk pembawa malaria. Karena kehilangan sel darah merah, infeksi malaria dapat menyebabkan gagal ginjal, kejang, koma, atau kematian jika tidak segera diobati.
 
1. Malaria
source: https://www.smithsonianmag.com

 

2. Zika

Mungkin yang paling banyak dibicarakan tentang penyakit yang disebarkan nyamuk saat ini adalah virus Zika. Virus itu menyebabkan demam Zika. Gejala seseorang mengalami penyakit ini adalah demam, mata merah, nyeri sendi, dan ruam, yang biasanya berlangsung kurang dari seminggu. Zika disebarkan oleh nyamuk Aedes dan juga bisa ditularkan secara seksual oleh seorang pria. Zika berbahaya terutama pada ibu hamil karena dapat melahirkan bayi mikrosefali atau tidak sempurnanya tengkorak kepala pada bayi.
 
2. Zika
source: http://www.sbmt.org.br

 
baca juga

3. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Dengue adalah virus yang dibawa oleh nyamuk, dan telah menjadi masalah global sejak lama. Kita yang tinggal di iklim tropis wajib waspada dengan penyakit ini, karena nyamuk pembawa virus banyak hidup di sini. Seseorang yang terkena demam berdarah dengue, akan mengalami demam tinggi, muntah, nyeri otot dan sendi, dan ruam pada kulit. Untungnya, vaksin demam berdarah telah ditemukan, sehingga bisa mencegah penyakit ini terjadi lebih banyak. 
 
3. Demam Berdarah Dengue (DBD)
source: https://www.medicalnewstoday.com

 

4. Yellow Fever

Yellow fever atau demam kuning banyak terjadi di Afrika. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini seperti demam, menggigil, kehilangan nafsu makan, sakit kepala dan nyeri otot, terutama di punggung. Gejala-gejala ini biasanya membaik dalam 5 hari. Tetapi dalam kasus tertentu, demam akan kembali dan orang yang terinfeksi memasuki 'fase beracun', di mana kerusakan hati mulai terjadi. Kerusakan hati ini menyebabkan jaundice atau kulit menguning.
 
4. Yellow Fever
source: https://www.youtube.com/watch?v=o4MeDIKR3-0

 
baca juga

5. Chikungunya

Ciri-ciri virus ini masuk ke dalam tubuh adalah nyeri sendi dan demam yang umumnya berlangsung kurang dari seminggu. Chikungunya termasuk penyakit dengan tingkat kematian rendah. Untuk mencegah chikungunya, buanglah wadah yang berisi air untuk mengurangi area perkembangbiakan nyamuk.
 
5.  Chikungunya
source: http://www.klinikvaksinasi.com

Nah, itu dia beberapa penyakit yang mengancam kesehatan dan mematikan yang disebarkan oleh nyamuk. Ayo lebih waspada dan jaga kebersihan agar nyamuk tidak berkembang biak!