Apa Itu Thalasemia?

Seperti yang sudah dijelaskan, thalasemia adalah penyakit kelainan darah di mana tubuh membentuk hemoglobin tidak normal. Hemoglobin merupakan metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, sehingga keberadaannya sangat penting. Jika hemoglobin tidak normal, maka tidak bisa mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh secara optimal. Thalasemia diturunkan, yang berarti bahwa setidaknya ada satu orangtua dalam keluarga membawa penyakit ini. 

Terdapat 2 jenis penyakit thalasemia, yaitu thalasemia alfa dan thalasemia beta, yang mana keduanya membutuhkan transfusi darah agar penderita bisa bertahan hidup.
 
Apa Itu Thalasemia?
source: https://www.medicalnewstoday.com

 

Gejala Penyakit Thalasemia

Gejala-gejala thalasemia bisa bervariasi dan biasanya muncul di masa kanak-kanak dan remaja. Beberapa gejala paling umum yaitu:
  • Deformitas tulang atau pertumbuhan tulang abnormal terutama pada wajah
  • Urine berwarna gelap
  • Pertumbuhan dan perkembangan tertunda
  • Kelelahan berlebihan
  • Kulit kuning atau pucat
Gejala Penyakit Thalasemia
source: http://thalassemia.com

 
baca juga

Penyebab Thalasemia

Thalasemia terjadi karena ada kelainan atau mutasi pada salah satu gen yang terlibat dalam produksi hemoglobin. Penyakit ini diturunkan dari orangtua ke anak. Jika hanya satu orangtua yang membawa thalasemia, maka anak akan mengalami penyakit thalasemia minor. Namun, apabila kedua orangtua adalah pembawa thalasemia, anak pun memiliki peluang lebih besar untuk mewarisi bentuk penyakit yang lebih serius.
 
Penyebab Thalasemia
source: http://wxpress.wuxiapptec.com

 

Perawatan dan Pengobatan Thalasemia

Perawatan dan pengobatan thalasemia tergantung pada jenis dan tingkat keparahan penyakit. Beberapa pengobatan yang penderita thalasemia dapatkan di antaranya: 
  • Transfusi darah
  • Transplantasi sumsum tulang
  • Pengobatan oral dan suplemen berupa vitamin dan zat besi 
  • Operasi untuk mengangkat limpa atau kandung empedu
Perawatan dan Pengobatan Thalasemia
source: http://www.tjfoundation.net

 
baca juga

Thalasemia dan Kehamilan

Ternyata thalasemia memberikan efek pada kehamilan. Penyakit ini dapat memengaruhi perkembangan organ reproduksi sehingga wanita sulit hamil karena tidak subur. Nah, bagi ibu hamil yang menderita penyakit ini, juga mungkin untuk mengalami beberapa komplikasi kesehatan seperti infeksi, diabetes gestasional, masalah jantung, hipotiroidisme atau tiroid rendah, peningkatan jumlah transfusi darah dan kepadatan tulang yang rendah. 

Cukup berbahaya kan, Moms. Oleh karena itu selalu kontrol kesehatan selama kehamilan agar terhindar dari penyakit komplikasi tersebut! 
 
Thalasemia dan Kehamilan
source: https://www.todaysparent.com