1. Telur Bebek

Hampir sama dengan telur ayam, telur bebek juga memiliki kandungan nutrisi yang sempurna. Ciri-ciri telur bebek adalah cangkang kebiruan dan warna kuningnya pekat. Selain protein, telur bebek mengandung banyak vitamin antara lain: Vitamin B6, Vitamin A, E, D, B12, asam pantotenat, folat, niacin, thiamin dan sebagainya. Semua kandungan gizinya untuk baik untuk mendukung tumbuh-kembang anak secara optimal.

Sama seperti telur ayam, telur bebek bisa disajikan dengan digoreng, direbus ataupun diproses menjadi telur asin. 
1. Telur Bebek
source: http://bpdbd.net

 

2. Telur Puyuh

Jika dibandingkan dengan telur ayam, nutrisi dalam telur puyuh masih lebih tinggi. Telur puyuh mengandung protein, vitamin, mineral, lemak, lutein, kolin, dan masih banyak lagi zat penting lainnya. Selain itu, mengonsumsi telur yang berukuran kecil ini sangat berkhasiat bagi kesehatan. Kandungan yang dimiliki oleh telur puyuh diklaim mampu untuk mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh, mencegah timbulnya alergi dan membuat mata lebih sehat. 

Telur puyuh mudah diolah menjadi makanan. Selain dicampurkan ke dalam sup, telur ini juga enak disantap dengan direbus.
2. Telur Puyuh
source: http://www.healthydietbase.com

 
baca juga

3. Telur Angsa

Dibandingkan telur ayam dan telur bebek, ukuran telur angsa lebih besar. Tak heran jika harganya lebih mahal. Selain ukuran, telur angsa juga bisa dikenali lewat warnanya. Cangkangnya berwarna putih. Telur angsa mengandung banyak vitamin A, D, dan E, serta vitamin B, seperti asam panotenat, B-12, riboflavin, tiamin, folat, dan B-6. Dengan kandungan gizinya itu, telur angsa bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan anak dan meningkatkan daya ingat anak. 

Mengonsumsi telur angsa juga sangat baik bagi ibu hamil. Bagian kuningnya tinggi akan nutrisi untuk mendukung tumbuh-kembang janin di dalam rahim. Wah!
3. Telur Angsa
source: http://bpdbd.net

 

4. Telur Ikan

Telur ikan juga bisa dikonsumsi lho, Moms. Gizinya juga diklaim sangat tinggi. Telur ikan mengandung protein, lemak omega 3 untuk mendukung anak tumbuh cerdas, vitamin B12 yang baik untuk kesehatan otak, vitamin D dibutuhkan agar tulang semakin kuat, kalsium untuk membangun tulang, magnesium dan zat besi. 

Karena manfaatnya itu, telur ikan sudah banyak diolah menjadi makanan yang harganya mahal, seperti caviar, sushi dan ikuradon. 
4. Telur Ikan
source: http://www.foodrepublic.com