1. Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Vitamin ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, baik untuk kesehatan mata dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Vitamin A juga membantu produksi sel darah putih dalam tubuh, memerangi radikal bebas dan bakteri dalam tubuh anak. Yang tak kalah penting, vitamin A membantu pembentukan lapisan permukaan mata, saluran kemih, usus dan pernapasan. Nah, sumber makanan yang kaya vitamin A yang dianjurkan untuk dikonsumsi anak adalah susu, hati, daging sapi serta sayuran seperti wortel dan bayam. 
 
source: https://www.fertilitytips.com

 

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B2, B3, B5, dan B12 berkontribusi besar dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Vitamin B2 membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi dan mendukung kesehatan otot, saraf dan jantung. Vitamin B3 juga berperan untuk menghasilkan energi, menjaga kulit, sistem saraf dan pencernaan yang sehat dan berfungsi dengan baik. Vitamin B5 menbantu anak untuk tumbuh dan berkembang normal. Sementara, vitamin B12 untuk mengoptimalkan manfaat asam folat dan karbohidrat dalam tubuh. Vitamin B bisa ditemukan dalam daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, susu, keju, telur dan kacang kedelai.
 
source: https://dailyburn.com

 
baca juga

3. Vitamin C

Vitamin C mudah larut sehingga cepat diserap oleh tubuh. Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan untuk melawan infeksi dan radikal bebas dan membantu produksi kolagen. Kolagen sangat penting untuk membantu menyembuhkan dan memulihkan dari luka serta bermanfaat membuat kulit dan rambut lebih sehat. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dan sel darah merah. 

Adapun sumber vitamin C didapatkan dalam buah dan sayuran, seperti jeruk, pepaya, stroberi, brokoli, kubis dan lain-lain.
 
source: https://www.drweil.com

 

4. Vitamin D

Vitamin D berperan penting bagi anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan karena membantu pemebentukan tulang yang kuat. Vitamin D tidak menciptakan tulang yang kuat, tetapi membantu tubuh menyerap kalsium, mineral yang penting untuk pengembangan dan pemeliharaan tulang. Anak-anak yang tidak menerima cukup vitamin D berisiko mengalami rakhitis atau kondisi tulang menjadi lunak dan rapuh. Manfaat lain dari vitamin D adalah melindungi sistem kekebalan. Makanan kaya vitamin D di antaranya susu, ikan berlemak (tuna, mackerel, salmon) dan jamur.
 
source: https://theconversation.com

Nah, itu dia jenis-jenis vitamin anak yang mendukung tumbuh kembang anak secara maksimal!