Apa itu Vaginoplasty?

Melahirkan memberikan stress bagi vagina dan beberapa perempuan menyatakan bahwa vagina melemah setelah beberapa kali melahirkan. Lemahnya otot vagina membuat perempuan tidak percaya diri saat berhubungan seksual. Inilah alasan paling sering ditemukan saat perempuan memutuskan merekonstruksi vagina yang disebut vaginoplasty.

Vaginoplasty bertujuan untuk mengencangkan otot, dinding panggul dan perineum sehingga vagina kembali ke bentuk dan fungsinya seperti sebelum kehamilan. Prosedur operasi berlangsung melalui 1-2 jam dengan terlebih dahulu dilakulan anestesi baik lokal maupun umum. Tindakan vaginoplasty dilakukan dengan membuang jaringan yang berlebih, dan merapatkan jaringan penyokong, otot dinding vagina, perineum serta dasar panggul.

Apa itu Vaginoplasty?
source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQnk1Tioz87Vi66H_e1T6roZntPMGTjvuDs9oIMIv5D2gUm45pZkN0AGg3r

Sebenarnya masih banyak cara yang dilakukan untuk mengencangkan otot vagina, seperti laser vagina. Hal ini seperti dilansir oleh plasticsurgerry.com. Namun melalui operasi ini, vagina akan kencang menyeluruh. Tidak hanya itu, tampilan luar vagina juga dapat di remajakan. 

Benarkah Vaginaplasty dapat Meningkatkan Kepuasan?

Sebenarnya vaginoplasty merupakan jenis operasi bedah plastik untuk merekonstruksi vagina yang mengalami cacat lahir seperti malformasi, terlalu pendek atau bahkan tidak ada. Sehingga seorang gadis dapat tumbuh normal melalui buang air kecil, menstruasi bahkan hubungan seksual.

Tapi, seiring perkembangan zaman, vaginoplasty menjadi bagian dari operasi kosmetik. Vaginoplasty disebut mampu mengembalikan kepercayaan diri dan kebahagiaan si pemilik vagina, dengan cara meremajakan bentuk dan fungsi vagina.
Meskipun demikian, tujuan membahagiakan pasangan tidak seratus persen benar. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyebutkan bahwa vaginoplasty tidak menjamin bahwa respon seksual akan meningkat.

Benarkah Vaginaplasty dapat Meningkatkan Kepuasan?
source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSExZBai78cbfhrK68sZdqye6gVo_sZopQapVEhszNxTmWu6AEBGKTeQdS2
baca juga

Meskipun benar bahwa jaringan vagina dapat meregang, pengencangan pembedahan belum tentu dapat meningkatkan respon seksual. Ada banyak faktor yang  menyebabkan perempuan memiliki hasrat seksual maupun orgasme itu sendiri. Baik konsisi psikis, emosional, spritiual maupun faktor intrapersonal lainnya. Hal ini seperti dilansir dalam webmd. Tapi apabila karena kepercayaan diri itulah yang dapat membangkitkan hasrat seksual, mungkin itu bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk dilakukan.

Namun Moms, seperti halnya operasi lain, vaginoplasty juga bisa menimbulkan dampak lho. Efek samping vaginoplasty adalah infeksi dan pendarahan. Sehingga hasil rekonstruksi ini rawan jebol.

Nah Moms, bagaimana? Tertarik untuk meremajakan vagina? Kalau iya, siap-siap dengan dana 110 hingga 140 juta rupiah ya Moms!